NEWSTICKER
(Kiri ke kanan) Mendikbud Nadiem Makarim, Menkeu Sri Mulyani, Mendagri Tito Karnavian di Kantor Kemenkeu (10/2). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
(Kiri ke kanan) Mendikbud Nadiem Makarim, Menkeu Sri Mulyani, Mendagri Tito Karnavian di Kantor Kemenkeu (10/2). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

50 Persen Dana BOS Boleh untuk Gaji Honorer

Pendidikan Guru Honorer Anggaran Pendidikan Dana Bos
Ilham Pratama Putra • 10 Februari 2020 17:40
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menaikkan porsi alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer. Pada 2020 ini, Nadiem mengatakan alokasinya bisa mencapai 50 persen dari dana BOS.
 
"Untuk 2020 hanya ada satu limit yaitu itu maksimal 50 persen dari dana BOS itulah, maksimal 50 persen yang boleh digunakan untuk pembiayaan guru honorer," kata Nadiem di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin 10 Februari 2020.
 
Sebelumnya Kemendikbud hanya memperbolehkan sekolah menggunakan 15 persen dana BOS untuk pembiayaan guru honorer. Kedepan, dengan alokasi yang sudah ditambahkan, pembayaran guru honorer dengan menggunakan dana BOS dapat dilakukan dengan beberapa persyaratan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yakni, guru yang bersangkutan sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Selain itu belum memiliki sertifikasi pendidik, serta sudah tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebelum 31 Desember 2019
 
“Ini merupakan langkah pertama untuk memperbaiki kesejahteraan guru-guru honorer yang telah berdedikasi selama ini,” jelas Nadiem.
 
Selain itu, jika terdapat sisa, dana BOS dapat diberikan kepada tenaga kependidikan. Nadiem juga tidak memberikan batas maksimal maupun minimal pemakaian dana BOS untuk pembelian buku dan alat multimedia.
 
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini mengubah skema penyaluran dana BOS. Kebijakan baru juga menetapkan, penyaluran dibagi dalam tiga tahap, yang sebelumnya empat tahap dalam satu tahun.
 
Penyaluran pada tahap pertama berjumlah 30 persen pada Januari, tahap kedua 40 persen pada April, sementara tahap ketiga 30 persen pada September. Pencairan tiga tahap ini dianggap lebih sederhana dibanding penyaluran dengan skema sebelumnya.
 
Sementara itu, proses penyaluran BOS juga mengalami perubahan, yakni ditransfer langsung dana tersebut dari Kemenkeu ke rekening sekolah. Sebelumnya penyaluran harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi.
 
Selain kebijakan penyaluran dan penggunaan, pemerintah juga meningkatkan harga satuan BOS per satu peserta didik. Untuk jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) besaran kenaikannya Rp100.000 per peserta didik.
 
Sehingga untuk SD yang sebelumnya Rp800.000 per siswa per tahun, sekarang menjadi Rp900 ribu per siswa per tahun. Sedangkan SMP dan SMA masing-masing naik menjadi Rp1.100.000 dan Rp1.500.000 per siswa per tahun.
 
Kebijakan Nadiem ini sangat bertolak belakang dengan pernyataan Mendikbud sebelumnya, Muhadjir Effendy. Muhadjir dalam sebuah kesempatan menegaskan bahwa pembayaran gaji guru honorer diupayakan tidak lagi menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai 2020.
 
Gaji guru honorer akan dibayarkan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU), sama dengan sumber gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Muhadjir mengatakan pihaknya saat ini tengah memperjuangkan pembayaran gaji guru honorer agar lebih layak.
 
Salah satunya dengan mendorong sumber pembayaran gaji honorer menggunakan DAU, tidak lagi dari dana BOS. Upaya ini dilakukan Muhadjir, sekaligus untuk mengembalikan dana BOS pada fungsinya, yakni untuk membiayai operasional sekolah.
 
"Dengan gaji pakai DAU, maka dana BOS akan dikunci. Tidak boleh dibayar untuk bayar gaji honorer. Malah lebih bagus kalau dana BOS dioptimalkan untuk mendukung digitalisasi sekolah," ungkap Muhadjir.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif