NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Dana BOS

JPPI: BOS untuk Gaji Guru Honorer, Pungli Bakal Meningkat

Pendidikan Guru Honorer Anggaran Pendidikan Dana Bos
Muhammad Syahrul Ramadhan • 11 Februari 2020 16:57
Jakarta: Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) menyoroti kebijakan penambahan batas atas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membayar gaji guru honorer menjadi maksimal 50 persen. JPPI memandang kebijakan tersebut berpotensi menimbulkan sejumlah masalah baru.
 
Koordinator Nasional JPPI, Ubaid Matraji mengatakan, ada tiga masalah baru yang bakal ditimbulkan. Munculnya tarikan atau pungutan liar sekolah kepada siswa untuk mencukupi kebutuhan operasional berpotensi semakin tinggi.
 
Hal ini karena dana BOS yang biasa digunakan untuk membiayai operasional sekolah akan berkurang untuk membayar gaji guru honorer. Belum lagi sekolah yang selama ini masih merasa kekurangan meski sudah mengelola dana BOS dengan skema lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebutuhan operasional tidak tercukupi, lalu bisa muncul pungli," ungkap Ubaid kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Masalah berikutnya, kebijakan ini juga dapat menimbulkan ketidakharomonisan, bisa saling iri. Karena honor yang diterima antarguru honorer di tiap sekolah bisa berbeda-beda. Selanjutnya kebijakan ini juga bisa kapan saja dicabut, terutama ketika menteri berganti.
 
Jika ini sampai terjadi, maka guru honorer akan kembali kesulitan, masih ditambah dengan belum adanya kejelasan status kepegawaian dari Pemerintah.
 
"Secara regulasi mereka adalah ilegal. Jadi kebijakan ini sewaktu-waktu bisa dicabut dan nasib guru honorer menjadi merana berkepanjangan," tegasnya.
 
Sebelumnya, Kemendikbud mengeluarkan Permendikbud nomor 8 tahun 2020 untuk mengatur regulasi penggunaan dana BOS. Dana BOS juga bakal dibuat fleksibel. Hal itu sebagai langkah awal untuk meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer.
 
Salah satunya adalah dengan melonggarkan batas atas penggunaan dana BOS untuk membayar gaji guru honorer. Besaranya diperbolehkan hingga 50 persen dari total dana BOS yang diterima sekolah.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif