Komisioner KPAI bidang Pendidikan Reto Listyarti. Foto: Medcom/Intan Yunelia
Komisioner KPAI bidang Pendidikan Reto Listyarti. Foto: Medcom/Intan Yunelia

KPAI: Ada Sekolah Dibuka Tanpa Penuhi Protokol Kesehatan

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Ilham Pratama Putra • 11 Agustus 2020 21:49
Jakarta: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengungkapkan, ada sekolah yang tidak mengikuti prosedur pembukaan belajar tatap muka. Sekolah tersebut tidak memenuhi daftar kelengkapan protokol kesehatan.
 
"Sekolah yang membuka sekolah di zona hijau sebelumnya, ternyata juga tidak mengisi daftar periksa dalam aplikasi Kemendikbud yang berisi 11 pertanyaan," kata Retno dalam keterangannya kepada Medcom.id, Selasa 11 Agustus 2020.
 
Salah satu temuan KPAI, yakni SMA Negeri di Seluma, Bengkulu yang merupakan zona hijau. Retno menyebut sekolah tersebut sudah membuka pembelajaran tatap muka, namun belum mengisi daftar periksa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Retno, hal ini perlu menjadi perhatian Inspektorat Kemendikbud dan Inspektorat Daerah untuk memastikan anak-anak terlindungi saat sekolah tatap muka dibuka. Terlebih, kata Retno, daftar protokol itu tidak terlalu sulit untuk diterapkan.
 
"Daftar periksa hanya 11 pertanyaan dan hanya check list mengisi tersedia atau tidak tersedia, tanpa diminta data rinci, seperti misalnya jumlah wastafel dengan rasio jumlah siswa, keadaan wastafel yang ada seperti apa, dan seterusnya," jelasnya.
 
Baca:KPAI: Banyak Siswa Terpapar Covid-19 Usai Sekolah Dibuka
 
Dia berharap, keputusan pemerintah mengizinkan pembukaan sekolah pada zona kuning harus disertai persiapan yang matang. Persiapan sekolah yang tidak maksimal dalam pemenuhan kriteria pencegahan covid-19 akan berpotensi membahayakan anak.
 
"Melindungi anak bukan dengan zona, tapi dengan persiapan pencegahan bahaya penularan yang ketat. Oleh karena itu, KPAI telah mulai melakukan pengawasan langsung kesiapan sekolah di zona apapun untuk melakukan pembelajaran tatap muka," tambah dia.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif