Pengukuhan tiga guru besar baru UNJ. DOK UNJ
Pengukuhan tiga guru besar baru UNJ. DOK UNJ

UNJ Tambah 3 Guru Besar di Bidang Ekonomi

Renatha Swasty • 06 Juli 2022 10:53
Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menambah Guru Besar di bidang ekonomi. Sebanyak tiga Guru Besar dikukuhkan pada Selasa, 2 Juli 2022. 
 
Ketiganya, yakni Prof. Dr. Dr. I Ketut R. Sudiardhita, MP. CPHCM, CIQnR dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia, Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran, dan Prof. Dr. Saparuddin M, M.Si dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan.
 
Ketut dalam orasinya menyampaikan “Model Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam Era Global Berbasis Kearifan Lokal (local wisdom)”. Dia menuturkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi, dan internasionalisasi turut memengaruhi tatanan dunia, lingkungan kerja, dan pola perilaku kehidupan masyarakat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketut mengatakan diperlukan model pengembangan kompetensi SDM yang adaptif dengan perkembangan global dengan tetap berpijak pada kearifan lokal (local wisdom). Ketut mengetengahkan konsep “Tri Kaya Parisudha” sebagai basis karakter dan pengembangan kompetensi SDM guna menghadapi era global. 
 
“Tri Kaya Parisudha” merepresentasikan kompetensi SDM yang Manacika (berpikir benar), Wacika (berkata benar) dan Kayika (berbuat benar). Dengan berpegang kepada “Tri Kaya Parisudha” diharapkan tercipta SDM berkualitas-beretika di tengah tata pergaulan global.
 
Sementara itu, Usep Suhud menyampaikan orasi berjudul “We are Cyborgs: Peran Media Sosial dalam Membentuk Narsisme Konsumen”. Usep menjelaskan media sosial berperan signifikan membentuk perilaku narsisme konsumen dan mengarahkannya menjadi Cyborgs (Cybernetic organism). 
 
Dalam konteks pemasaran, consumer cyborg merujuk pada konsumen yang disadari atau tanpa disadari telah attach dan tergantung dengan media sosial. Bagi pelaku bisnis, hal ini sebuah keberhasilan membuat konsumen tergantung pada apa yang mereka pasarkan. 
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif