Ilustrasi metaverse. Fixabay
Ilustrasi metaverse. Fixabay

Metaverse, Teknologi Masa Depan yang Bisa Ubah Impian Jadi Realita

Medcom • 09 Agustus 2022 09:39
Jakarta: Beberapa tahun belakangan ini, teknologi berkembang semakin pesat dengan banyaknya perusahaan teknologi digital yang memunculkan inovasi terbaru. Dimulai dengan hadirnya handphone dan laptop dengan spek tinggi dan serbaguna, sinyal 5G, hingga metaverse.
 
Istilah metaverse muncul dari topik perbincangan hangat dikarenakan media sosial Facebook ingin memgembangkan konsep tersebut. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sampai mengubah nama perusahaannya menjadi Meta karena yakin dengan potensi dan arah teknologi masa depan dunia mengarah ke dunia meta.
 
Walaupun baru ramai diperbincangkan baru-baru ini, sebenarnya konsep Metaverse sudah dikenal pada 1992 lewat novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crush karangan Neal Stephenson. Novel itu menceritakan tentang manusia yang digambarkan sebagai avatar dan saling berinteraksi di ruang tiga dimensi seolah dunia tersebut nyata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak sampai di situ, Philip Rosedale dan timnya mengembangkan dunia virtual online yang bernama Second Life pada 2003 yang menjadi inti dari pengembangan metaverse hingga sekarang. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan metaverse?
 
Melansir dari laman Quipper, berikut pengertian, manfaat, cara kerja, contoh kegiatan, serta penerapan metaverse:

Pengertian metaverse

Kata metaverse merupakan gabungan dari dua kata yakni “meta” dan “universe”. Dua hal ini menggambarkan hubungan atau koneksi yang melampaui batasan-batasan normal menggunakan teknologi internet.
 
Namun secara umum, pengertian metaverse adalah alam semesta dalam konsep virtual yang penggunanya memiliki akses ke avatar digital yang memungkinkan mereka hidup, beraktivitas, dan berinteraksi satu sama lain selayaknya dalam kehidupan sehari-hari di dalam dunia digital tersebut.
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif