Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pakar Unpad Beberkan Perkembangan Sejumlah Vaksin Anak di Bawah 12 Tahun

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Unpad
Citra Larasati • 25 September 2021 14:55
Jakarta:  Pemerintah saat ini masih memprioritaskan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 12 tahun ke atas. Meski demikian, ke depan, anak dengan usia di bawah 12 tahun juga akan mendapatkan vaksinasi yang sama.
 
“Untuk anak umur 3-11 tahun masih menunggu hasil kajian untuk menilai keamanan dan dosis  dengan jumlah subyek yang memadai,” kata Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K), M.Kes., dikutip dari laman Unpad, Sabtu, 25 September 2021.
 
Rodman yang juga dokter spesialis anak di RSHS Bandung ini menjelaskan, beberapa produsen tengah melakukan uji klinis vaksin covid-19 pada anak. Dari berbagai uji klinis tersebut, ada yang sudah menghasilkan efikasi, sedangkan sisanya ada yang belum publikasi, bahkan proses uji klinisnya masih berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk vaksin Pfizer, papar Rodman, sudah melakukan uji klinis fase III pada kelompok anak usia 12 – 15 tahun dengan subyek uji klinis sebanyak 2.260 orang. Hasil uji klinis tersebut menghasilkan efikasi vaksin sebesar 100 persen.
 
Selanjutnya, Pfizer tengah melanjutkan uji klinis untuk kelompok usia 5-11 tahun. “Kalau ini hasilnya baik juga, maka uji klinis akan dilanjutkan ke kelompok yang lebih muda, 2-5 tahun, dan 6 bulan sampai 2 tahun,” terang Rodman.
 
Baca juga: Vaksin Jadi Syarat Siswa di Mataram Ikut Ujian Hingga Dapat Beasiswa
 
Vaksin lainnya yang tengah melakukan uji klinis fase III kepada kelompok usia 6 bulan hingga 12 tahun adalah Moderna. Uji klinis ini memiliki target 6.000 subyek dengan tiga formulasi dosis yang akan diujicobakan.
 
Produsen vaksin Sinovac sendiri telah melakukan uji klinis fase I dan II pada umur 3 – 17 tahun. Uji klinis ini sudah memberikan respons imun cukup baik dan aman. Reaksi demam pada umur 3-5 tahun dan 6-11 tahun masing-masing 8,77 persen dan 3,70 persen.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif