ilustrasi siswa PTM Terbatas. Foto: ANT/Aprilio Akbar
ilustrasi siswa PTM Terbatas. Foto: ANT/Aprilio Akbar

PPDB DKI Jakarta 2021 Hanya untuk Siswa Jakarta, Ini Alasannya

Antara • 22 Mei 2021 11:45
Jakarta:  Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menyebutkan Penerimaan Peserta Didik Baru Jakarta (PPDB) 2021 tahun ini disusun agar lebih mendekatkan tempat tinggal siswa dengan sekolah.  Pengaturan soal jarak tersebut, mengacu kepada regulasi dari Peraturan Gubernur no 32 tahun 2021.
 
"Pada tahun lalu kan hanya berdasarkan peraturan kepala dinas. Tujuan utamanya, adalah lebih mendekatkan dengan tempat tinggal. Dengan memunculkan zona prioritas satu RT, zona sekolah dengan RT yang bersinggungan. Ketiga untuk tahun ini dikhususkan untuk calon peserta didik dari Jakarta saja," ujar Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah, dikutip dari Antara, Sabtu, 22 Mei 2021.
 
Prioritas siswa yang diterima, Taga menjelaskan adalah calon siswa yang tinggal satu RT dengan sekolah, prioritas selanjutnya adalah siswa di RT yang bersinggungan dengan sekolah dan prioritas ketiga adalah siswa yang tinggal di kelurahan yang bersinggungan dengan kelurahan sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena di DKI ada 168 RW yang enggak punya SMA negeri, jadi makannya langsung ke kelurahan," ucap Taga.
 
Baca juga:  85% Sekolah di Mukomuko Sudah PTM Terbatas
 
Sementara untuk faktor usia siswa, Taga menyebutkan hal tersebut akan dipakai jika pada prioritas ketiga atau berdasarkan kelurahan yang daftar sudah melebihi daya tampung.  "Misal di satu SMP daya tampung 100, ternyata ketika prioritas ketiga yang datang 200-300 orang berarti lebih tuh, nah karena lebih maka yang diutamakan yang lebih tua dulu jadi seleksinya belakangan jika dalam kasus seperti itu," ucapnya.
 
Taga juga menyampaikan bahwa PPDB DKI Jakarta pada tahun 2021 ini juga terdapat jalur baru yakni jalur yang dikhususkan untuk anak-anak yang ikut tugas orang tua.  "Jalur yang dilaksanakan pertama kali adalah jalur prestasi lalu disusul jalur afirmasi, zonasi, dan untuk jalur pindah tugas orang tua dan anak guru berlangsung dari awal sampai akhir PPDB," kata Taga.
 
Taga juga menjelaskan alasan PPDB difokuskan kepada anak Jakarta karena daya tampung atau kursi yang tersedia di sekolah negeri tidak mencukupi untuk anak Jakarta.  "Jadi yang tersedia kursinya itu untuk lulusan anak Jakarta saja nggak cukup menampung. Kalau ditambahin anak daerah, kan itu anak Jakarta kasian. Jadi istilahnya memang sudah kewajiban dari pemerintah daerah untuk melayani pendidikan buat warganya," tutur Taga.
 
 
Halaman Selanjutnya
Taga menyadari masih ada pro…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif