Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad

Pendaftaran Jalur Mandiri Unpad Dibuka Hingga 17 Juni

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Unpad Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 15 Juni 2021 19:46
Jakarta:  Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun akademik 2021/2022 program Sarjana reguler melalui Jalur Mandiri masih dibuka hingga Kamis 17 Juni 2021 mendatang. Seleksi Jalur Mandiri ini juga terbuka bagi pendaftar yang tidak lolos di SBMPTN 2021.
 
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief S. Kartasasmita mengatakan, seleksi Jalur Mandiri Unpad bisa memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi. Skema pertama adalah seleksi yang murni menggunakan nilai UTBK 2021, sedangkan skema kedua adalah seleksi menggunakan nilai SMUP.
 
Untuk skema ujian SMUP, pendaftaran terbuka bagi peserta dengan tahun kelulusan 2019, 2020, dan 2021. “Kalau pendaftar ikut ujian mandiri, nanti dia tidak usah ikut UTBK,” kata Arief dikutip dari laman Unpad, Selasa, 15 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Materi ujian SMUP berupa Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang diselenggarakan secara daring. Pelaksanaan ujian akan digelar secara daring dari rumah masing-masing pada 26 Juni 2021 mendatang.
 
Secara teknis, pendaftar Jalur Mandiri Unpad dapat memilih paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
 
1. Peserta yang menggunakan nilai UTBK kelompok Saintek/Soshum hanya bisa memilih dua program studi dari kelompok Saintek atau Soshum sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang telah dimiliki;
 
2. Peserta yang menggunakan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih dua program studi lintas kelompok ilmu dari kelompok Saintek dan Soshum;
 
3. Peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua program studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Soshum);
 
Baca juga:  Aktivitas Sederhana Ini Bisa Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila
4. Peserta yang akan memilih program studi yang berbeda dengan kelompok ujian UTBK yang telah diikuti, diharuskan untuk mengikuti ujian SMUP;
 
5. Peserta lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021 dari Jurusan IPA atau IPS yang mengambil ujian SMUP, bebas memilih program studi sesuai minatnya (bisa lintas jurusan atau kelompok ilmu).
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif