Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

PSBM Jawa-Bali, Kemendikbud: Keputusan PTM Tetap Kewenangan Pemda

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Jarak Jauh Pembelajaran jarak jauh Pembelajaran Tatap Muka PSBM
Ilham Pratama Putra • 07 Januari 2021 12:13
Jakarta: Pemerintah berencana menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Jawa dan Bali, pada 11 hingga 25 Januari 2021. Kebijakan ini akibat kasus covid-19 yang terus meningkat.
 
PSBM dinilai akan berdampak pada pengetatan kembali sektor pendidikan seperti ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Hendarman menyebut akan ada kebijakan yang sedikit berbeda.
 
PSBM Jawa-Bali, menurutnya, tidak memukul rata pembatasan kegiatan pendidikan. Sekolah masih bisa memilih untuk menggelar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, masing-masing kepala daerah di Jawa-Bali dapat memiliki kebijakan yang berbeda. Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki wewenangnya sendiri untuk memberi izin PTM di masing-masing wilayahnya.
 
"Mengenai yang terjadi (PSBM), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) masih merujuk kepada Surat Keputusann Bersama (SKB) Empat Menteri. SKB tersebut jelas mengatakan bahwa kepala daerah yang berkewenangan," kata Hendarman kepada Medcom.id, Kamis 7 Januari 2021.
 
Baca: PSBB Jawa-Bali, Sekolah Kembali Digelar Daring
 
Kemendikbud sejauh ini mencatat terdapat 14 provinsi yang siap melaksanakan PTM. Dari total tersebut, yang berada di wilayah PSBM yakni Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Bali.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif