Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.
Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.

Ini Ketentuan Daftar Ulang Online Calon Mahasiswa Baru Unpad Jalur SNMPTN

Arga sumantri • 23 Maret 2021 14:37
Bandung: Sebanyak 1.512 calon mahasiswa baru diterima di Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Calon mahasiswa baru Unpad wajib melengkapi biodata dan mengunggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai 24-30 Maret 2021 pukul 17.00 WIB.
 
"Segera daftar melalui laman resmi Unpad, perhatikan persyaratan yang harus dipenuhi," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief S. Kartasasmita, mengutip siaran pers Unpad, Selasa, 23 Maret 2021.
 
Arief menjelaskan, Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa. Termasuk, pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, mulai 30 Maret sampai 9 April 2021.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru Unpad dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/, dan wajib melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk mulai 5-9 April 2021.
 
Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan Kartu Tanda Mahasiswa atau KTM digital ke setiap mahasiswa baru paling lambat 9 April 2021. Mengingat waktu registrasi yang tidak panjang, Arief mengharapkan seluruh calon mahasiswa baru Unpad dapat memperhatikan tanggal yang telah ditentukan. Proses registrasi seluruhnya dilakukan melalui laman resmi Unpad.
 
 

Berikut dokumen yang harus diunggah secara daring oleh calon mahasiswa:
 
1. Kartu Peserta SNMPTN (asli)
 
2. KTP/Kartu Siswa (asli)
 
3. Kartu Keluarga (asli)
 
4. Akte Kelahiran (asli)
 
5. Ijazah Asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara
 
Baca: 1.279 Calon Mahasiswa Lolos ITS dari Jalur SNMPTN 2021
 
6. Rapor Asli SMA/MA/SMK/setara (Halaman depan yang tertera nama calon mahasiswa serta halaman penilaian semester 1 sampai dengan 5 atau semester 1 sampai dengan 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun);
 
7. Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar
 
8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
 
9. Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa:
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
  • Fakultas Pertanian,
  • Fakultas Kedokteran Gigi,
  • Fakultas Psikologi,
  • Fakultas Peternakan,
  • Fakultas Keperawatan,
  • Fakultas Teknologi Industri Pertanian,
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,
  • Fakultas Farmasi, dan
  • Fakultas Teknik Geologi
10. Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif
 
11. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
 
 

12. Rekening Listrik Terbaru (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir)
 
13. Foto tempat tinggal tampak depan
 
14. Foto Kendaraan yang dimiliki (opsional)
 
15. Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki
 
16. Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000
 
17. Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah di tanda tangani di atas materai Rp10.000
 
18. Bagi peserta yang bukan penerima KIP Kuliah harus mengunggah Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000 (format dapat diunduh)
 
19. Bagi peserta bukan penerima KIP Kuliah, harus mengunggah bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
 
20. Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000 (format dapat diunduh);
 
21. File foto berformat JPG atau PDF maksimal berukuran 1MB, dengan latar belakang warna putih dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap.
 
 

Berikut tata cara atau ketentuan tambahan dalam melakukan registrasi:
 
1. Dokumen persyaratan registrasi yang diunggah harus berupa format digital (JPG atau PDF) dengan ukuran file maksimal adalah 1 MB
 
2. Apabila dokumen-dokumen pada poin (8,9,10) tidak memungkinkan untuk didapatkan karena keadaan kedaruratan kesehatan, maka Calon Mahasiswa dapat membuat Surat Pernyataan yang ditandatangi di atas Materai Rp10.000 dan diketahui serta ditanda tangan oleh orang tua
 
3. Unpad akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa dan akan menghubungi ke nomor handphone atau alamat email yang bersangkutan jika menemukan dokumen yang tidak valid
 
Baca: 29.904 Penerima KIP Kuliah Lolos SNMPTN 2021
 
4. Calon mahasiswa non-Bidikmisi harus membayar uang kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran. Bank-bank tersebut adalah:
  • Bank BCA, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking
  • Bank BJB, melalui ATM, Teller atau Internet Banking
  • Bank BNI, melalui ATM, Teller atau Internet Banking
  • Bank BRI, melalui ATM, Teller, atau Agen BRILink
  • Bank BTN, melalui ATM atau Teller
  • Bank Mandiri, melalui ATM, Teller atau Internet Banking
  • Bank BNI Syariah, melalui ATM atau Teller
  • Bank BRI Syariah, melalui ATM, Teller atau Internet Banking
  • Bank Bukopin Syariah, melalui ATM atau Teller
  • Bank Mandiri Syariah, melalui Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking
5. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun
 
6. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diberikan kepada calon mahasiswa setelah semua ketentuan terpenuhi, dan bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan salah satu persyaratan dan ketentuan di atas sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Unpad.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AGA)
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan