SPCP IPDN Ilus. DOK spcp.ipdn.ac.id
SPCP IPDN Ilus. DOK spcp.ipdn.ac.id

Jangan Salah, Ini Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan IPDN 2025

Ilham Pratama Putra • 30 Juni 2025 18:34
Jakarta: Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Tahun Akademik 2025/2026. IPDN menyiapkan mahasiswanya menjadi kader pemerintahan di tingkat daerah maupun pusat. 
 
Pendaftaran dibuka pada 29 Juni-18 Juli 2025 melalui dikdin.bkn.go.id dan spcp.ipdn.ac.id. Penting bagi pelamar mengikuti alur pendaftaran SPCP IPDN 2025. Yuk simak alurnya:

Alur pendaftaran SPCP IPDN 2025

1. Daftar akun

Buka portal dikdin.bkn.go.id lalu klik daftar.

2. Login dan isi biodata

Login di portal dikdin.bkn.go.id, dan isi biodata.

3. Pilih formasi

Di portal yang sama, pilih sekolah kedinasan dan formasi yang diminati (IPDN). 

4. Bayar

Setelah verifikasi lolos, dapatkan kode billing pembayaran tes pada spcp.ipdn.ac.id.

5. Verifikasi

Tunggu proses verifikasi data pendaftaran oleh panitia seleksi.

6. Unggah dokumen

Unggah berkas KTP, KK, Ijazah dan lainnya di halaman profil akun SSCASN.

7. Ujian

Ikuti ujian seleksi sesuai jadwal dari sekolah kedinasan.

8. Pengumuman

Cek hasil kelulusan di spcp.ipdn.ac.id.
 
SPCP IPDN 2025 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pendaftaran peserta calon praja IPDN tahun 2025 dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran calon Siswa-siswi/Taruna-taruni pendidikan tinggi kedinasan pada tanggal 29 Juni 2025-18 Juli 2025
  2. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui tautan dikdin.bkn.go.id
  3. Pemberitahuan terkait lokasi pelaksanaan tes, perubahan jadwal tahapan seleksi dan informasi lainnya terkait pelaksanaan SPCP IPDN 2025 dapat dilihat pada tautan spcp.ipdn.ac.id
Baca juga: Apakah Boleh Pakai TOEFL Prediction di Seleksi IPDN 2025? Simak Penjelasannya

Melansir akun Instagram @humasipdn.id, ini syarat pendaftaran SPCP IPDN 2025:

Persyaratan umum

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun per 1 Januari 2025
  3. Tinggi badan minimal: Pria: 160 cm dan Wanita: 155 cm

Persyaratan administrasi

  1. Ijazah minimal SMA/MA (bukan SMK atau Paket C) dengan nilai rata-rata ijazah: Minimal 73,00. Khusus Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Barat Daya: minimal 65,00
  2. Ijazah dari luar negeri harus disertai surat penyetaraan dari Kementerian terkait
  3. Surat keterangan lulus yang mencantumkan nilai akhir kelas XII dan ditandatangani kepala sekolah, khusus lulusan tahun 2025
  4. Nilai Bahasa Inggris pada ijazah/SKL minimal 75,00, Kecuali untuk wilayah Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Barat Daya
  5. Kemampuan Bahasa Inggris Internasional: Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 400; atau Sertifikat IELTS dengan skor minimal 5.0. Dikecualikan bagi peserta dari: Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.

Ketentuan domisili

  1. Peserta berdomisili minimal 1 kabupaten/kota tempat mendaftar (dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP/Identitas Anak)
  2. Jika domisili kurang dari 1 tahun, dapat mendaftar di kabupaten/kota sesuai tempat sekolah SMA/MA, dengan ketentuan:
  • Riwayat sekolah minimal 1 tahun (bagi yang tidak ikut orang tua kandung) dibuktikan dengan rapor & Kartu Keluarga
  • Riwayat sekolah minimal 1 tahun terakhir (bagi yang ikut orang tua kandung) dibuktikan dengan rapor & Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) hanya untuk formasi OAP, dikeluarkan oleh Ketua atau Anggota Majelis Rakyat Papua dan disahkan oleh Kepala Distrik
  • Ijazah/SKL lulusan Tahun 2025
  • Alamat email & nomor HP aktif
  • Pasfoto terbaru Latar belakang merah Ukuran 4x6 cm, Menggunakan pakaian formal putih polos dan rapi

Persyaratan lain-Lain

  1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena kejahatan
  2. Tidak bertindik atau bekas tindik (untuk pria, kecuali karena adat)
  3. Tidak bertato
  4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak
  5. Belum pernah menikah/kawin (termasuk belum pernah hamil/melahirkan untuk wanita)
  6. Belum pernah diberhentikan dari IPDN atau perguruan tinggi lain secara tidak hormat
Jika dinyatakan lulus sebagai Calon Praja IPDN, maka peserta:
  1. Tidak boleh mengundurkan diri. Jika mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus, harus
  2. mengembalikan seluruh biaya seleksi ke kas negara
  3. Sanggup tidak menikah/kawin selama pendidikan
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia setelah lulus
  5. Bersedia tinggal di asrama IPDN dan ikut aturan pembelajaran
  6. Bersedia menandatangani surat pernyataan di atas materai
  7. Bersedia dikenakan sanksi jika melanggar peraturan & disiplin Praja IPDN

Pemalsuan data

Apabila terbukti memalsukan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan, maka peserta langsung dinyatakan gugur.

 Itulah alur pendaftaran SPCP IPDN 2025. Buat kamu yang tertarik, yuk buruan daftar. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan