Mendikbud Nadiem Makarim saat upacara bendera memperingati Hadiknas 2020. Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.
Mendikbud Nadiem Makarim saat upacara bendera memperingati Hadiknas 2020. Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.

Kemendikbud Gelar Upacara Hardiknas Terbatas

Hardiknas 2020, Saatnya 'Belajar dari Covid-19'

Pendidikan Virus Korona Hardiknas 2020
Ilham Pratama Putra • 02 Mei 2020 09:50
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara digelar tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini diselenggarakan terbatas dan terpusat di halaman Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat.
 
Pembina upacara, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, Hardiknas kali ini sebagai momentum kemajuan dunia pendidikan. Pendidikan Indonesia mengalami adaptasi yang sangat mencolok dalam hal digitalisasi.
 
"Guru-guru melakukan pembelajaran secara daring atau online, menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun," kata Nadiem dalam konferensi video yang ditayangkan virtual di lapangan upacara, Sabtu 2 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Hardiknas, Pandemi Jadi Momentum Kebangkitan Guru Milenial
 
Terlebih pada masa darurat pandemi virus korona (covid-19). Nadiem berharap seluruh warga pendidikan bisa berkolaborasi untuk memajukan pendidikan Indonesia di masa sulit ini.
 
"Kolaborasi yang efektif dari guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi," ujar Nadiem.
 
Hardiknas 2020, Saatnya 'Belajar dari Covid-19'
Upacara bendera memperingati Hardiknas 2020 digelar terpusat dan terbatas di kantor Kemendikbud.
 
Kesadaran untuk berkolaborasi menunjukkan adanya empati dan solidaritas pada dunia Pendidikan. Menurut Nadiem, timbulnya solidaritas ini merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan.
 
"Bukan hanya di masa krisis ini, tetapi juga di saat krisis ini telah berlalu. Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi," jelas dia.
 
Baca juga:Hardiknas 2020, Upacara Bendera Tak Seperti Biasanya
 
Bagi Nadiem, inilah saat yang tepat untuk melakukan berbagai eksperimen di dunia pendidikan. Untuk itulah tema "Belajar dari Covid-19" ini diangkat pada peringatan Hardiknas 2020.
 
"Agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan," tutupnya.
 
Upacara peringatan Hardiknas digelar secara terbatas dan terpusat di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat. Upacara dimulai pada pukul 7.58 WIB dan berlangsung sekitar 25 menit.
 
Upacara diikuti oleh hanya belasan peserta dari jajaran Kemendikbud. Sedangkan Nadiem tak hadir secara langsung di lapangan upacara. Nadiem mengikuti upacara secara virtual, dan menayangkan video rekaman sebagai amanat upacara Hardiknas.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif