Vannes Wijaya berhasil meraih perak dalam IOI ke-34. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Vannes Wijaya berhasil meraih perak dalam IOI ke-34. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Bermula Belajar Otodidak Hingga Vannes Sumbang Perak untuk Indonesia di IOI 2022

Ilham Pratama Putra • 15 Agustus 2022 10:34
Jakarta: Ratusan laptop tersusun rapi di atas meja-meja panjang. Segudang masalah informatika tersaji di layar.
 
Sebanyak 357 anak dari 89 negara merancang algoritma terbaik. Tak lain untuk mencari solusi dari masalah-masalah program komputer.
 
Dari ratusan peserta yang datang dari seluruh penjuru dunia, terselip anak Indonesia, Vannes Wijaya. Laki-laki berusia 17 tahun itu datang dari kota Pekanbaru, Riau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vannes terpilih sebagai salah satu peserta yang mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat internasional, International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34. Vannes tak sendiri.
 
Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah mengirim dua tim masing-masing beranggotakan empat orang. Vannes berada di tim II IOI Indonesia.
 
Untuk bisa masuk dalam gelanggang panas IOI di Yogyakarta, Vannes melalui jalan panjang. Dia terlebih dahulu diseleksi di sekolahnya.
 
Kemudian, ia diadu untuk tingkat kota. Setelah itu, masuk ke tahap seleksi provinsi. Setidaknya hingga tahap tersebut, ia telah menyingkirkan ratusan anak SMA.
 
Lanjut ke seleksi nasional, ia kembali harus bersaing dengan 40 pelajar SMA dari seluruh Indonesia dalam lingkup Olimpiade Sains Nasional (OSN).
 
Di OSN kata dia, ada empat tahap seleksi. Mulai dari 40 peserta di tahap pertama, kemudian menjadi 30 peserta terbaik yang berhak lanjut di tahap kedua, 20 peserta di tahap ke tiga, dan 10 peserta untuk tahap terakhir.
 
Halaman Selanjutnya
Ketika tahap terakhir itu lah…
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif