Cara daftar SBMPTN 2022 untuk jalur KIP Kuliah (Ilustrasi M. Rizal Medcom.id)
Cara daftar SBMPTN 2022 untuk jalur KIP Kuliah (Ilustrasi M. Rizal Medcom.id)

Ini Panduan Daftar UTBK-SBMPTN 2022 untuk Jalur KIP Kuliah

Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 Maret 2022 17:07
Jakarta: Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 sudah dibuka mulai hari, Rabu, 23 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah juga bisa ikut melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN.
 
KIP Kuliah adalah bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Penerima KIP Kuliah mendapat bantuan berupa biaya hidup dan biaya kuliah.
 
Dikutip dari laman resmi KIP Kuliah, siswa peserta KIP Kuliah yang ingin mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri (PTN) jalur UTBK-SBMPTN diminta segera memilih seleksi UTBK-SBMPTN di Menu Seleksi SIM KIP-Kuliah. Apabila Menu Seleksi belum muncul, silahkan lengkapi berkas KIP-Kuliah terlebih dahulu.

Cara pendaftaran UTBK-SBMPTN jalur KIP Kuliah

  • Login ke akun LTMPT melalui portal.ltmpt.ac.id dengan memasukan alamat email dan password
  • Pilih menu UTBK-SBMTPN Pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022.
  • Lengkapi biodata dengan benar. Perhatikan dengan seksama data pribadi yang ada di borang ini dan pastikan data tersebut adalah benar Isikan baris-baris yang bertanda karakter (*) dengan data yang benar Jika masih ada data yang kosong Anda harus melengkapinya.

Tampilan isian SBMPTN 2022
(Tampilan isian yang harus diisi dok.LTMPT)
  • Apabila Anda pemegang KIP Kuliah, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar.
  • Selanjutnya, Anda harus melakukan konfirmasi akhir biodata. Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pengisian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang telah diisi pada langkah sebelumnya.
  • Pastikan bahwa seluruh data Anda, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra telah diisikan dengan benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

Pemilihan program studi

Bagi calon peserta UTBK-SBMPTN pemegang KIP Kuliah tidak bisa memilih perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di bawah Kementerian Agama (UIN). Panduan pemilihan prodi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 1 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.
 
Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 2 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.
 
Centang Pernyataan ketersediaan Anda untuk memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN pilihan Anda dan memastikan bahwa data yang Anda isikan sudah benar.
 
Jika Anda sudah yakin dengan PTN maupun program studi pilihan Anda, tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.
 
Bagi yang memilih prodi seni atau olahraga yang wajib menyertakan portofolio, panduan pengisiannya bisa dilihat di sini.
 
 

Pemilihan pusat UTBK

Setelah selesai memilih prodi, tahap selanjutnya adalah memilih Pusat UTBK. Terdapat 74 Pusat UTBK PTN, calon peserta diminta memilih Pusat UTBK yang dekat dengan domisili.
  • Anda akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan pesan bahwa Anda harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili Anda saat ini. Tekan tombol Ya, saya mengerti agar Anda dapat memilih pusat UTBK.
  • Anda akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan pesan bahwa Anda HARUS memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili Anda saat ini. Tekan tombol Ya, saya mengerti agar Anda dapat memilih pusat UTBK.
  • Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, Anda dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar drop-down yang tersedia.
  • Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK Anda sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

Konfirmasi akhir pendaftaran UTBK

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pendaftaran UTBK peserta UTBK-SBMPTN 2022. Pastikan bahwa Pusat UTBK yang telah Anda pilih sudah benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.
 
Pada Detail Pendaftaran UTBK, Anda dapat melihat informasi yang telah Anda isikan sebelumnya, yaitu Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (Bagi peserta pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, Kelompok Ujian, dan Pusat UTBK.
 
Apabila Pusat UTBK yang Anda pilih sudah sesuai dan benar, maka Anda dapat menekan tombol Konfirmasi dan Lanjutkan.
 
Anda akan mendapat tampilan kotak Konfirmasi Akhir untuk memastikan bahwa data yang telah Anda isikan sudah benar dan menginformasikan bahwa data tidak dapat diubah lagi untuk alasan apapun setelah Anda menekan tombol Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen.
 
Tekan tombol Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen, maka data pendaftaran Anda selaku peserta UTBK-SBMPTN 2022 akan tersimpan permanen.

Pembayaran pendaftaran UTBK-SBMPTN

Calon peserta pemegang KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Selanjutnya, bisa langsung menekan tombol Ambil Kartu Peserta Peserta.
 
Tampilan penerima KIP Kuliah
(Tampilan penerima KIP Kuliah dok.LTMPT)
 
 
(RUL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif