Kampus UGM, UGM/Humas.
Kampus UGM, UGM/Humas.

UGM Sediakan 3.090 Kursi untuk Mahasiswa Baru

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Patricia Vicka • 13 Juni 2019 15:07
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyiapkan kuota sebesar 3.090 kursi untuk calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Jumlah ini merupakan 45 persen dari keseluruhan daya tampung 68 program studi (prodi) S1 di UGM.
 
Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani menjelaskan, SBMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru UGM. Selain SBMPTN, UGM sudah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Ujian Mandiri (UM).
 
"UGM akan menerima 3.090 mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2019/2020 melalui jalur SBMPTN," kata Iva melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, 13 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendaftaran jalur SBMPTN telah dibuka Senin, 10 Juni 2019 lalu. Periode pendaftaran SBMPTN 2019 berlangsung sepanjang dua minggu, yakni hingga 24 Juni mendatang.
 
Baca:Ganjar Usul Aturan Zonasi di PPDB Direvisi
 
Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang masih berlaku, memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah, serta merupakan lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.
 
“Salah satu persyaratan peserta adalah mereka lulusan SMA sederajat tahun 2019, 2018, dan 2017,” tuturnya.
 
Pada tahun ini, proses seleksi di dalam jalur SBMPTN dilakukan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ujian ini terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).
 
UTBK sendiri diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.
 
"Peserta yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019," tegasnya.
 
Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui laman pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id. Tahapan dimulai dari mengisi biodata, memilih PTN dan program studi, mengunggah borang portofolio. Portofolio dikhususkan bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.
 
Sama seperti tahun sebelumnya, kelompok program studi pada SBMPTN 2019 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek (sains dan teknologi) dan kelompok Soshum (sosial humaniora). Setiap pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua prodi dalam satu PTN atau dua PTN.
 
Baca:Praktik Jual Beli Kursi di PPDB Harus Ditindak Tegas
 
“Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Perlu diperhatikan, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan,” imbuh Iva.
 
Untuk mengetahui macam-macam program studi yang ada di UGM beserta daya tampung dari masing-masing prodi tersebut, peserta dapat mengakses laman um.ugm.ac.id yang merupakan laman resmi penerimaan mahasiswa baru UGM.
 
Pengumuman hasil SBMPTN akan dilangsungkan pada 9 Juli 2019. Sementara itu penerimaan melalui jalur mandiri dilakukan dengan menyelenggarakan seleksi jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) serta Ujian Tulis (utul). Hasil PBU akan diumumkan pada 28 Juni mendatang.
 
"Pendaftaran UTUL dibuka pada tanggal 11 Juni hingga 1 Juli 2019," pungkas Iva.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif