Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Informasi Lengkap Soal Beasiswa: dari Penyedia Hingga Bentuk Pembiayaan

Medcom • 11 Agustus 2022 19:42
Jakarta: Mendapatkan beasiswa kuliah menjadi salah satu impian yang hampir atau bahkan semua orang inginkan. Hal ini dikarenakan, beasiswa kuliah tidak hanya membantu secara finansial saja, namun juga membantu dari segi pendidikan.
 
Beasiswa kuliah ada bermacam-macam jenisnya. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau Beasiswa Djarum.
 
Nama beasiswa di atas cukup familiar karena banyak siswa mendapat beasiswa itu. Namun, beasiswa cakupannya cukup luas dari jenis hingga pembiayaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir dari laman AkuPintar, berikut informasi lengkap soal beasiswa, mulai dari penyedia beasiswa kuliah, cakupan pembiayaan, serta bentuk pembiayaan:

Penyedia beasiswa kuliah

Dari setiap beasiswa kuliah yang diperoleh, ada pihak penyedia biaya atau sponsor di belakangnya. Berikut jenis atau kategori dari penyedia beasiswa kuliah:

1. Pemerintah

Beasiswa pemerintah dapat diperoleh melalui berbagai institusi atau lembaga pemerintahan. Misalnya, KIP Kuliah ialah beasiswa untuk mahasiswa S1 dari pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
Pemerintah juga mempunyai beasiswa untuk Program Magister dan Doktor melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dikenal dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

2. Swasta

Jenis beasiswa kuliah ini biasanya merupakan bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan. Seperti Beasiswa Djarum, yang cukup terkenal dengan beasiswa untuk bidang olahraga, termasuk kuliah.
 
Nama resmi beasiswa yang dikelola oleh Djarum Foundation ini adalah Djarum Beasiswa Plus.
Tidak hanya beasiswa Djarum, beasiswa yang disponsori swasta cukup banyak, seperti Beasiswa BCA, beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, hingga beasiswa dari perusahaan seperti PT Cloud Hosting Indonesia.
 
Halaman Selanjutnya
3. Negara donor Banyak negara…
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif