NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta

Virus Korona

Orang Tua Diimbau Tunda Jenguk Anak di Pesantren

Pendidikan pesantren Virus Korona
Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 Maret 2020 15:04
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) meminta para pengelola Pondok pesantren membatasi aktivitas santri di luar pondok. Hal ini guna mencegah meluasnya penyebaran virus Korona ke dalam pondok.
 
Hal ini juga berlaku untuk Madrasah yang berbasis asrama atau ma’had.Kemenag juga mengimbau agar orang tua atau wali santri untuk sementara waktu tidak menjenguk anaknya ke asrama maupun pondok.
 
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, untuk kegiatan belajar mengajar menyesuaikan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ujian di madrasah dan pondok pesantren agar menyesuaikan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat," ujar Kamaruddin, dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.
 
Baca juga:KPAI: Beri Sanksi Sekolah yang Tak Meliburkan Siswa
 
Kamaruddin juga menegaskan, agar pondok pesantren dan madrasah melakukan tindakan pencegahan lainnya. Yakni dengan memberi edukasi kepada siswa/santri agar melakukan cuci tangan menggunakan sabun, membersihkan lingkungan asrama, menggulung karpet masjid atau musala, dan mengikuti protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah.
 
"Madrasah berasrama dan pesantren agar menyiapkan hand sanitizer dan memastikan orang yang keluar masuk asrama/kompleks terbebas dari korona dengan melakukan pemeriksaan temperatur," jelasnya.
 
Baca juga:KPAI: Libur Sekolah Bukan untuk Nge-mal
 
Selain itu Lembaga Pendidikan Islam harus lebih intens melakukan koordinasi dengan Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan lainnya. Itu penting dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Korona di lingkungan madrasah dan pondok pesantren.
 
"Apabila terdapat siswa/santri/guru/lainnya yang mengalami gejala virus covid-19, agar segera berkoordinasi dengan Puskesmas/Fasilitas Kesehatan lainnya terdekat," tandasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif