Suasna lapor diri PPDB di SMAN 8 Jakarta, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Suasna lapor diri PPDB di SMAN 8 Jakarta, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Deg-Degan Memantau 'Posisi Anak' Terus Melorot di PPDB

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 27 Juni 2019 19:14
Jakarta: Hervan salah satu wali murid yang mendaftarkan anaknya di SMAN 8 Jakarta melalui jalur zonasi mengaku deg-degan dan tenang menanti hasil pengumuman yang dilakukan kemarin sore di laman resmi PPDB DKI Jakarta. Hal tersebut tak lepas karena posisi nilai Ujian Nasional (UN) anaknya yang terus melorot dalam pendaftaran PPDB di sekolah incarannya tersebut.
 
"Deg-degan-nya jelas di hari pertama itu kan pergerakannya masih sangat liar, di hari kedua ketiga sudah agak stabil. Hari pertama anak saya itu turun peringkat sekitar 34 nomor, dari 93 jadi 129. Hari kedua turun 11 lagi, hari ketiga turun tiga. Posisi terakhir di 146," kata Hervan kepada Medcom.id saat ditemui di SMAN 8 Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Meski merosot ke urutan 146, namun ia bersyukur anaknya masih tetap diterima di SMAN 8. Karena kuota yang tersedia sebanyak 163 untuk IPA jalur zonasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain memilih SMAN 8 sebagai pilihan pertama, Hervan juga menuliskan SMAN 28 sebagai pilihan kedua. Sementara pilihan ketiga, ia memilih untuk mengosongi. Ia mengaku khawatir dengan pilihan ketiga karena kualitas sekolah yang tersisa menurutnya jauh dari SMAN 8 dan 28.
 
"Saya khawatir kalau masuk sekolah yang historical range-nya itu terlalu jauh. Sementara anak saya waktu di SD itu sempat merasakan kelas akselerasi, agak khawatir," ungkapnya.
 
Baca:Peraih Nilai UN Tertinggi Masuk Sekolah Impian Sedari SD
 
Senada, Syahrie salah wali murid yang anaknya diterima di SMAN 8 juga mengaku sempat khawatir. Ia bahkan sampai mengunduh aplikasi untuk memantau pergerakan peringkat anaknya.
 
"Saya mantau, saya download, saya pantau terus sehingga bisa memprediksi bisaenggak
(diterima)," ucapnya.
 
Ia mengakui persaingan di SMAN 8 sejak dulu memang sangat ketat. Meski begitu, ia tetap percaya diri dengan nilai yang diperoleh anaknya.
 
Baca:SMAN 8 Masih Diburu, Karena Lulusannya Banyak Masuk PTN
 
Alhasil sang anak berhasil masuk dengan menempati peringkat 76 dari keseluruhan siswa yang diterima di SMA yang berlokasi di Bukit Duri, Jakarta Selatan itu. "Saya menggunakan jalur zonasi karena rumah saya dekat sini, meski begitu nilai anak saya cukup di atas rata-rata," ujarnya.
 
Untuk diketahui, pengumuman hasil PPDB Zonasi sudah keluar sejak kemarin, Rabu, 26 Juni 2019 pukul 17.00 WIB. Sekarang berdasarkan informasi dari laman PPDB, jadwal untuk lapor diri. Lapor diri dilakukan di sekolah yang dituju mulai 27 sampai 28 Juni, dibuka pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, khusus hari terakhir dibuka hanya sampai pukul 14.00 WIB.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif