Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Sekolah Harus Dapat Bimtek dan Sosialisasi Dana BOS

Pendidikan Anggaran Pendidikan Dana Bos
Ilham Pratama Putra • 11 Februari 2020 14:46
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menerbitkan episode terbaru dari kebijakan 'Merdeka Belajar'. Kemendikbud mengeluarkan pokok-pokok kebijakan baru tentang dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020.
 
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, mengatakan atas kebijakan tersebut, sekolah harus mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) dan sosialisasi tentang penggunaan dana BOS. Agar dana yang dikucurkan tepat sasaran.
 
"Ini menjadi konsen kita, sosialisasi dan bimtek dana BOS. Kalau enggak dilakukan, nanti tidak ada gambaran dalam penggunaannya," kata Ferdiansyah kepada Medcom.id, Selasa, 11 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih lagi dana BOS juga akan digunakan untuk opersional kelas hingga perbaikan ringan sekolah. Sehingga ke depan, sekolah tak lagi meminta bantuan jika harus melakukan perbaikan sekolah ringan.
 
"Jadi dengan komposisi baru ini penggunan dana BOS harus efektif efesien. Seyogyanya ke depan juga tidak ada perbaikan ringan yang diajukan kepada kita lagi," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kemendikbud mengeluarkan Permendikbud nomor 8 tahun 2020 untuk mengatur regulasi penggunaan dana BOS. Skema penyaluran dana BOS akan dibagi tiga tahap yang sebelumnya dilakukan empat tahap setiap tahunnya.
 
Pada tahap pertama, dana BOS yang dialirkan berjumlah 30 persen pada Januari, tahap kedua 40 persen di April, sementara tahap ketiga 30 persen pada September. Pencairan tiga tahap ini dianggap lebih sederhana dibandingkan penyaluran dengan skema sebelumnya.
 
Pemerintah juga meningkatkan besaran unit cost BOS per peserta didik untuk jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) masing-masing Rp100.000 per tahun.
 
Untuk SD yang sebelumnya Rp800 ribu per siswa per tahun, sekarang menjadi Rp900 ribu per siswa per tahun. Sedangkan SMP dan SMA masing-masing naik menjadi Rp1,1 juta dan Rp1,5 juta per siswa per tahun.
 
Kenaikan itu juga mengantarkan kenaikan alokasi dana BOS. Alokasi dana bos 2020 naik 6,03 persen atau menjadi Rp54,32 triliun yang sebelumnya Rp51,22 triliun. Pada 2020 ini sasaran dana BOS akan mencapai 45,4 juta siswa.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif