Universitas Indonesia, UI/Humas.
Universitas Indonesia, UI/Humas.

Proses Pemilihan Rektor UI Dimulai

Pendidikan Pendidikan Tinggi Pemilihan Rektor
Intan Yunelia • 22 Mei 2019 20:05
Depok: Proses pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019 – 2024 dimulai. Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) melalui Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) akan membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI (P3CR UI) yang terdiri atas unsur dosen (tujuh orang), masyarakat (dua orang), mahasiswa (dua orang) dan tenaga kependidikan (dua orang).
 
Untuk itu UI menggelar Sosialisasi Pendaftaran P3CR yang disampaikan oleh Ketua Pansus Pilrek UI, Wiku B. B. Adisasmito yang dilaksanakan pada Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung PAUI Kampus Depok. Sosialisasi juga dihadiri oleh Ketua MWA UI Saleh Husin, Rektor UI Muhammad Anis, Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswan Bambang Wibawarta, dan Wakil Rektor UI bidang Keuangan dan Administrasi Umum Sidharta Utama.
 
"UI membuka kesempatan bagi sivitas akademika UI dan masyarakat luas untuk mencalonkan diri menjadi P3CR," kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, di Depok, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:UI, Harvard, dan Stanford Sejajar
 
Menurut Rifelly, syarat untuk menjadi anggota P3CR adalah berintegritas, profesional, memiliki kompetensi yang diperlukan, tidak memiliki konflik kepentingan, tidak berafiliasi dan bukan anggota partai politik, memiliki jejaring yang luas serta berkomitmen untuk kepentingan UI. Anggota P3CR juga harus memiliki kompetensi dalam pengelolaan universitas untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yang mencakup Manajemen pendidikan tinggi, Manajemen sumber daya manusia, Manajemen keuangan, Kewirausahaan, Tata kelola dan Hukum.
 
Adapun jadwal kegiatan P3CR adalah Masa Pendaftaran (22 Mei – 10 Juni 2019), Seleksi P3CR oleh Pansus Pilrek (11 – 18 Juni 2019), Penetapan Anggota P3CR oleh MWA (19 Juni 2019) dan Pertemuan Perdana P3CR dengan Pansus Pilrek (21 Juni 2019).
 
Bagi sivitas akademika UI dan masyarakat luas yang ingin terlibat menjadi anggota P3CR dapat mengisi Formulir Pendaftaran Calon Anggota pada laman ui.id/P3CR. P3CR merupakan panitia yang dibentuk oleh MWA untuk melakukan penjaringan dan penyaringan calon Rektor UI.
 
Pemilihan Rektor UI merupakan salah satu tugas dan kewajiban MWA UI. MWA UI periode 2019-2024 telah terbentuk dan disahkan terhitung sejak 26 Maret 2019 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 11566/M/KP/2019.
 
Baca:Rumah Sakit UI Kini Terima Pasien Umum
 
Adapun Anggota MWA UI adalah Saleh Husin selaku ketua (Wakil Masyarakat), Wiku B. B. Adisasmito selaku sekretaris (Wakil Dosen), Mohamad Nasir (Menristekdikti), Muhammad Anis (Rektor), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (Wakil Dosen), Corrina Deborah Silalahi (Wakil Dosen), Fredy Buhama Lumban Tobing (Wakil Dosen).
 
Selain itu, Sri Mardiyati (Wakil Dosen), Sri Mulyani Indrawati (Wakil Dosen), Yosi Kusuma Eriwati (Wakil Dosen), Darmin Nasution (Wakil Masyarakat), Erick Thohir (Wakil Masyarakat), Hans Kartikahadi (Wakil Masyarakat), Jonathan Tahir (Wakil Masyarakat), Noni Sri Ayati Purnomo (Wakil Masyarakat), Luluk Tri Wulandari (Wakil Tenaga Kependidikan), dan Althof Endawansa (Wakil Mahasiswa).
 
Selama lima tahun ke depan periode kepengurusan, MWA UI akan menjalankan tugas dan kewajiban sebagai anggota MWA, yang salah satunya adalah memilih Rektor UI. Momentum Pemilihan Rektor ini juga beriringan dengan semangat UI dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.
 
Anggota MWA UI wakil dosen yang juga Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyampaikan gagasannya terkait arah Pendidikan Tinggi, bahwa “UI harus fokus menjadi institusi pendidikan tinggi yang mandiri, otonom, dan unggul serta diakui secara global," ujar Sri Mulyani.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif