Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto

Viral Pesan Guru Bu Nani Soal Nilai Jelek Murid: Tak Apa, Sekadar Ujian

Sri Yanti Nainggolan • 24 Mei 2022 15:02
Jakarta: Sebuah pesan dari seorang guru, bernama Bu Nani, viral di media sosial. Pesan itu meminta agar orang tua tak memarahi anak yang mendapat nilai jelek
 
Sebuah akun Twitter @flywithasoka membagikan gambar berisi status pesan seorang guru yang membuat pikiran orang tua lebih terbuka tentang nilai rapor anak. 
 
 
"Ujian anak Anda telah selesai. Saya tahun Anda cemas dan berharap anak Anda berhasil dalam ujiannya," demikian status WhatsApp Bu Nani. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi mohon diingat, di tengah-tengah para pelajar yang menjalani ujian itu, ada calon seniman yang tidak perlu mengerti Matematika," lanjut dia. 
 
"Sekiranya anak Anda lulus menjadi yang teratas, hebat! Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga diri mereka. Katakan saja, 'tidak apa-apa, itu hanya sekadar ujian.'," saran Bu Nani. 
 
Ia mengungkapkan bahwa anak-anak diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar lagi dalam hidup ini. "Ada calon olahragawan yang lebih mementingkan fisik daripada Fisika," Bu Nani mencontohkan. 
 
Baca: Guru, Lakukan 10 Hal Ini Jika Siswa Mengantuk Saat Belajar di Kelas
 
Lalu, ada calon fotografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang seni berbeda dimana ilmunya tidak didapat dari sekolah. Bu Nani menambahkan, ada calon pengusaha yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra. 
 
"Katakan pada mereka, tidak penting berapapun nilai ujian mereka, Anda mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka," tutur Bu Nani. 
 
"Sebuah ujian atau nilai rendah takkan bisa mencabut impian dan bakat mereka. Berhentilah berpikir bahwa hanya dokter dan insinyur yang bahagia di dunia ini," sambung dia. 
 
"Hormat saya, Wali Kelas," tutup Bu Nani. 
 
Baca: Cerita Nadiem Ikut Ekskul Band Hingga Teater Saat Sekolah
 
Utas itu mendapat berbagai komentar positif dari netizen. Status itu ternyata dibuat pada 2019. 
 
"wih bu nani ini guru disekolah ku, sw yg ini udah dari tahun kemarin pas ujian kls 12 selesai. beliau jg orangnya lembut bgtt," ujar @timbangan****. 
 
"Bacanya sambil mrebes milih terharu," ucap @MoodWani****. 
 
"andaikan semua guru gitu." kata @korbanspal****. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif