Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bercerita soal ekskul semasa SD-SMA. Instagram @nadiemmakarim
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bercerita soal ekskul semasa SD-SMA. Instagram @nadiemmakarim

Cerita Nadiem Ikut Ekskul Band Hingga Teater Saat Sekolah

Renatha Swasty • 24 Mei 2022 11:16
Jakarta: Masa sekolah tak cuma dihabiskan dengan pelajaran akademik tapi juga non akademik. Salah satunya lewat ekstrakurikuler atau ekskul. 
 
Hal ini juga dirasakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Nadiem bercerita mengikuti sejumlah ekskul sejak SD hingga SMA. 
 
"SD saya pramuka, SMP-SMA saya nge-band rock," cerita Nadiem dalam unggahan di akun Instagramnya @nadiemmakadim dikutip Selasa, 24 Mei 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, Nadiem pernah mengikuti kompetisi band rock. Namun, yang paling melekat di hatinya saat dia mengikuti ekskul teater
 
"Tapi paling besar ekskul saya teater. Saya alhamdullilah sering dipilih jadi pemeran utama di teater. Saya ngelakuin lima sampai enam produksi," kenang Nadiem. 
 
Nadiem mengaku banyak dapat pelajaran dari ekskul teater. Salah satunya kepemimpinan. 
 
"Dari teater saya belajar kepemimpinan, bagaimana ngomong di depan orang. Serem banget karena semua teman-teman nonton. Jadi, kalau kita jatuh atau kagok malu sama teman-teman apalagi orang tua," beber Nadiem. 
 
Lebih dari itu, teater juga melatih gotong royong. "Melatih keberanian, kepemimpinan, gotong royong. Kalau di dalam dunia pertunjukan, satu kacau akan menurunkan semuanya," ujar Nadiem. 
 
Baca: Ingin Kembangkan Diri di Kampus? Ini 10 UKM yang Bisa Dipilih
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif