Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto

Guru, Lakukan 10 Hal Ini Jika Siswa Mengantuk Saat Belajar di Kelas

Medcom • 24 Mei 2022 13:01
Jakarta: Mengantuk merupakan hal yang lumrah dialami setiap manusia. Perasaan ingin tidur itu bisa muncul kapan pun dan di mana pun, tak terkecuali ketika sedang belajar di kelas.
 
Mengantuk pada jam-jam pelajaran tertentu bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya, pola makan yang tidak tepat. Entah itu mengkonsumsi asupan kurang bergizi,atau terlalu banyak makan sebelum memulai pelajaran.
 
Penyebab mengantuk lainnya ialah kurang bergerak. Sekadar duduk dan mendengarkan guru merupakan metode belajar yang kurang menarik. Hal ini bisa membuat siswa merasa jenuh dan mengantuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Sobat Medcom mendapati siswa mengantuk selama pembelajaran berlangsung, sebaiknya jangan dimarahi. Alih-alih membentak, berikan masukan atau saran terkait cara menghilangkan rasa kantuk tersebut.
 
Dikutip dari Akupintar, berikut 10 hal yang bisa guru sarankan jika siswa mengantuk saat belajar di kelas.

1. Cuci muka

Guru bisa meminta siswa yang terlihat mengantuk untuk mencuci muka. Air dingin yang dibasuhkan ke wajah dapat merangsang terbukanya pori-pori, sehingga siswa akan merasa lebih segar dan siap menerima pelajaran kembali.

2. Menggerakkan badan

Agar tak melulu duduk, ajak siswa untuk menggerakkan badan di sela-sela pembelajaran. Cukup lakukan gerakan peregangan ringan atau senam dengan diiringi lagu yang ceria.

3. Makan secukupnya

Berikan siswa pemahaman bahwa terlalu banyak makan tidak baik untuk tubuh. Ajarkan mereka untuk mengonsumsi sarapan secukupnya saja, jangan sampai terlalu kenyang.

4. Pilih menu sarapan seimbang

Masih seputar sarapan, berikan pemahaman kepada siswa maupun orang tuanya untuk menyediakan menu sarapan bergizi seimbang. Menu sarapan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula akan merangsang rasa kantuk.

5. Perbanyak makan sayur dan buah

Selain menu bergizi seimbang, guru juga bisa menyarankan kepada siswa maupun orang tuanya untuk membawa bekal yang mengandung lebih protein dan vitamin. Bekal tersebut bisa berupa menu sayur berkuah atau buah.
 
Hal ini lebih baik ketimbang membawa makanan berat, seperti roti tawar dengan olesan mentega dan taburan coklat atau meses yang banyak. Contoh makanan berat lainnya yang masih banyak dijumpai ialah mi goreng dan nasi. 

6. Atur waktu menyantap bekal di sekolah

Siswa biasanya sudah menyantap makanan yang cukup saat sarapan. Pada jam istirahat pertama, hendaknya mereka tidak mengkonsumsi makanan berat lagi karena lambungnya masih terisi dan belum membutuhkan asupan lain.
 
Untuk itu, guru mesti mengingatkan siswa agar menunda makan makanan berat jika belum merasa terlalu lapar. Lebih baik, sarankan untuk mengkonsumsi makanan beratnya pada jam istirahat kedua. 

7. Ingatkan siswa untuk tidur cukup

Salah satu penyebab kantuk yang utama ialah kurang tidur. Untuk itu, guru perlu mengetahui berapa lama siswa tertidur. Tanyakan jam berapa mereka beristirahat dan mengapa mereka tidur terlalu malam.
 
Jika perlu, ajak orang tua siswa berkomunikasi untuk mengatur jadwal tidur, sehingga mereka tidak lagi beristirahat terlalu malam. Apabila ada hal lain yang membuat siswa kurang tidur, hal tersebut dapat didiskusikan dengan orang tua.

8. Berikan energizer

Rasa kantuk dapat diatasi dengan menyisipkan kegiatan-kegiatan energizer yang dapat mengembalikan konsentrasi siswa. Misalnya, menyanyi atau permainan ringan yang menggugah perhatian.

9. Libatkan siswa

Salah satu penyebab siswa mengantuk adalah kegiatan pembelajarannya membosankan. Untuk itu, guru sebaiknya melibatkan mereka dalam aktivitas-aktivitas di kelas, seperti melemparkan pertanyaan, memberi kesempatan siswa untuk bertanya, membuat group diskusi, dan sebagainya.

10. Rancang kegiatan belajar yang kreatif dan menyenangkan

Rasa kantuk siswa di kelas akibat pembelajaran yang membosankan juga bisa diatasi dengan menyusun kegiatan belajar-mengajar yang kreatif. Dengan metode yang menyenangkan, siswa tidak akan merasa bosan.
 
Itulah 10 hal yang bisa guru lakukan jika mendapati siswanya mengantuk di kelas. Semoga bermanfaat! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Guru, Ini 5 Tanda Siswa Sulit Memahami Pelajaran
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif