Kampus UKDW.  Foto: Dok. UKDW
Kampus UKDW. Foto: Dok. UKDW

Berawal dari Hobi, Kedai Kopi Milik Mahasiswa UKDW Raih Hibah KBMI

Citra Larasati • 19 Mei 2021 16:59
Jakarta:  Tim mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) berhasil mendapatkan hibah Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI).  Ini merupakan program implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
Dalam program KBMI 2021 ini, tim yang terdiri dari Samuel Eljoy Wibowo, Matius Krisna Gunarno, dan Raymond Kurniawan (ketiganya mahasiswa Informatika Angkatan 2017) mengajukan usaha yang fokus pada bidang kuliner. Keberhasilan tim ini tentu tidak lepas dari bimbingan Winta Tridhatu Satwikasanti, Dosen Desain Produk sekaligus Kepala Centre of Entrepreneurship and Innovation (Centrino) UKDW.
 
Samuel selaku ketua tim sekaligus pemilik bisnis Kedai Kopi Kampus menuturkan usahanya ini fokus ke produk minuman kopi kekinian. Berawal dari kecintaan pada minuman kopi dan pengalaman kerja di sebuah kedai kopi, Samuel membulatkan tekad untuk membuka kedai kopi pada bulan Februari 2020 lalu.

“Produk yang kami pasarkan berupa es kopi susu dengan berbagai varian rasa dan beberapa minuman nonkopi sebagai pelengkap menu. Saat itu saya harus memikirkan dengan keterbatasan modal, bagaimana saya bisa buka kedai kopi yang secara kualitas tidak kalah dari kedai terkenal lain,” kata Samuel, Rabu, 19 Mei 2021.
 
Dalam usaha yang ia rintis, ia lebih menitikberatkan dalam membangun citra digital melalui  media sosial dan online food. Untuk promosi usahanya, Samuel mencoba menawarkannya terlebih dahulu kepada kerabat dan teman dekatnya.
 
Menurutnya, proses ini sangat dibutuhkan karena bisa menjadi sarana promosi peer to peer yang gratis dan apabila kualitas produk memang meyakinkan, maka metode ini sangat bermanfaat. Sarana kedua yaitu melalui iklan di Instagram.
 
Baca juga:  UKDW Berhasil Loloskan Perwakilan di KBMI dan PKM 2021
 
Ia memilih Instagram sebagai salah satu media promosi karena hampir semua orang memiliki Instagram, terutama target pasarnya yaitu anak-anak kampus. Selain itu, Samuel juga rutin mengikuti promosi-promosi via Go-Food atau Grabfood, serta menyediakan berbagai pembayaran cashless yang menawarkan banyak promo cashback.
 
 
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan