DCT Dapil OSO Akan Dimutakhirkan
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman. Medcom.id/Fachri Audia.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Daftar Calon Tetap (DCT) Kalimantan Barat akan diperbarui. Hal ini menyusul pencalonan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di daerah pemilihan tersebut.

"Sepanjang untuk dapil Pak OSO ya Kalimantan Barat, kalau terpenuhi syarat kami rubah DCT-nya," kata Ketua KPU Arief Budiman, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.


Arief menjelaskan, saat ini KPU masih menunggu jadwal validasi, pencetakan, dan produksi surat suara. Sehingga KPU bisa menyesuaikan daftar calon dalam surat suara tersebut.

"Ada batas waktu, saya masih koreksi jadi masih disesuaikan dengan proses validasi," ujar Arief.

Baca:KPU Siapkan Surat buat OSO

KPU sebelumnya menggugurkan pencalonan OSO dalam Pemilu 2019 lantaran Tidak Memenuhi Syarat (TMS). OSO dianggap tidak menyerahkan surat pengunduran diri dari partai politik, karena tercatat sebagai anggota partai.

Dalam putusan MK Nomor 30/PUU-XVI/2018 disebutkan, anggota DPD dilarang rangkap jabatan sebagai anggota partai politik.

OSO lantas menggugat putusan itu ke MA dan PTUN. Mahkamah Agung mengabulkan gugatan uji materi OSO terhadap Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 terkait syarat pencalonan anggota DPD.

Majelis Hakim PTUN juga mengeluarkan putusan serupa dengan membatalkan surat keputusan (SK) KPU yang menganulir OSO sebagai calon anggota DPD lantaran masih menjadi anggota partai.



(DRI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id