Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id.

Pileg Diprediksi Jadi Kuburan Massal Partai Politik

Pemilu pemilu legislatif pileg
Ilham Pratama Putra • 13 Maret 2019 21:47
Jakarta: Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) merilis survei tingkat elektabilitas partai politik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Keterpilihan partai yang lolos ke parlemen diprediksi hanya sedikit.
 
Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengatakan hanya akan ada empat Parpol yang nilai elektabilitasnya tetap tinggi. Nilai tersebut bisa menggapai ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.
 
"Kami prediksi, akan ada empat partai yang dipastikan lolos ke Senayan, yaitu PDI Perjuangan yang mendapat dukungan sebesar 26 persen, Gerindra 12,8 persen, Golkar 9,3 persen, PKB 6,2 persen," kata Syamsuddin di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, Rabu 13 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Batas suara minimal partai politik dalam pemilihan umum untuk ikut dalam penentuan perolehan kursi di DPR saat ini sebesar 4 persen. Dengan nilai itu, setidaknya 12 partai yang terancam tidak lolos Pileg 2019 bila nilai elektabilitas tak kunjung terdongkrak.
 
Dari catatan Konsepindo, 12 partai tersebut adalah Partai Demokrat dengan elektabilitas 3,9 persen, PAN 3,8 persen, NasDem 3,2 persen, PKS 2,8 persen, PPP 2,2 persen, Hanura 1,2 persen, dan Perindo 1,2 persen.
 
Jauh kebawah, ada Partai Berkarya yang hanya miliki elektabilitas 0,4 persen, PSI 0,2 persen, Garuda 0,2 persen, PBB 0,1 persen, dan PKPI 0,1 persen.
 
Melihat catatan tersebut, Syamsudin menilai partai politik yang tak mampu menembus ambang batas akan tersingkir begitu saja. Dia menyebut partai yang tak lolos ibarat menjadi kuburan massal.
 
"Setengah partai lainnya itu akan berpotensi tersingkir dari Senayan. Dengan kata lain, pemilu 2019 itu akan menjadi kuburan massal bagi banyak parpol kita. Kenapa? Karena jumlah partai yang banyak ikut. Ada 16 di tingkat nasional maka membuat kompetisi semakin ketat," ungkap Syamsudin.
 
Meskipun begitu, Syamsuddin melihat masih ada partai yang relatif aman. Karena survei Konsepindo dilakukan dengan margin of error sebesar 2,9.
 
"Namun hasil ini masih bisa berubah, mengingat masih ada pemilih yang tidak menjawab, menjawab tidak tahu, atau belum memutuskan sebanyak 26,4 persen. Margin of errornya juga tinggi," kata Syamsuddin.
 
Syamsuddin menyebut 7 partai yang relatif aman diantaranya Demokrat, PAN, dan NasDem. Meskipun elektabilitasnya saat ini tidak sampai 4 persen.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif