KPU mendatangi percetakan surat suara/Medcom.id/Nur Azizah
KPU mendatangi percetakan surat suara/Medcom.id/Nur Azizah

Percetakan Surat Suara Dijaga Ketat

Pemilu surat suara pemilu surat suara pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Nur Azizah • 20 Januari 2019 15:15
Jakarta: Pamen Staf Operasi (SOPs) Polri AKBP Gusti May Chandra memastikan ruang percetakan surat suara Pemilu Serentak 2019 aman. Seluruh percetakan dijaga ketat.
 
"Tempat-tempat pencetakan ini dalam pengawasan, Polri ada di sana untuk mengamankan 1x24 jam," kata Chandra di Gedung PT Gramedia, Jakarta Barat, Minggu, 20 Januari 2018.
 
Setiap ruang percetakan juga diawasi tim quality control dari Politeknik Media Jakarta. Ini penting guna memastikan keamanan, kualitas, serta kuantitas surat suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Surat Suara Dicetak
 
Setiap lokasi akan dijaga sekitar dua hingga lima anggota Polri. Jumlah belum termasuk tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Hingga saat ini, Chandra belum menemukan lokasi percetakan dengan tingkat kerawanan tinggi.
 
"Tidak ada, kan selain Polri ada pengamanan internal juga. Ada Bawaslu dan KPU. Jadi, kita bersama-sama mengamankan proses percetakan ini," ungkap dia.
 
Baca: Produksi Surat Suara Ditargetkan Rampung Maret
 
Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan pihaknya bakal mengawal mulai proses percetakan, penyimpanan, hingga distribusi. Mereka bakal memastikan jumlah dan kualitas surat suara sesuai.
 
"Jumlahnya sebagaimana yang disetujui di kontraknya," tegas Fritz.
 
KPU dan Bawaslu bakal menggelar pemusnahan bersama bila ditemukan kelebihan surat suara. Koordinasi antarlembaga selalu dilakukan.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif