Ilustrasi medcom.id
Ilustrasi medcom.id

Dari Mal Hingga Tempat Ibadah, Ini Aturan Baru PPKM Level 3 di Jawa-Bali

Patrick Pinaria • 07 Februari 2022 16:17
Jakarta: Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah Pulau Jawa-Bali resmi naik ke level tiga. Wilayah-wilayah tersebut di antaranya, Jabodetabek, DI Yogyakarta, Bali, Bandung Raya, dan Pulau Bali.
 
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kenaikan status PPKM itu diputuskan bukan karena lonjakan kasus covid-19. Rendahnya tracing covid-19 jadi alasan.
 
"Berdasarkan level asesmen saat ini, kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, DI Yogyakarta, Bali, Bandung Raya, akan ke level 3. Hal ini terjadi bukan akibat tingginya kasus, saya ulangi, bukan akibat tingginya kasus, tetapi karena rendahnya tracing," ujar Luhut lewat konferensi pers virtual pada Senin, 7 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun alasan kenaikan status PPKM di Bali sedikit berbeda. Luhut menilai pergantian status PPKM di Pulau Dewata lantaran jumlah pasien rawat inap yang meningkat.
 
Selama PPKM level 3 berlangsung, Luhut memastikan ada aturan baru yang akan diterapkan. Sejumlah aturan baru ini dibuat lebih terarah untuk kelompok lansia, komorbid dan belum divaksinasi. Hal itu karena varian Omicron lebih memberikan risiko berat untuk kelompok-kelompok tersebut.
 
"Ini semua akan kita lihat terus minggu ini, kalau minggu ini bagus, kita minggu depan akan lebih longgarkan. Karena kami, terus terang tidak ingin juga kita ketakutan dan ekonomi kita terganggu padahal sebenarnya tidak ada masalah," tutur Luhut.
 
Berikut ini aturan-aturan baru PPKM level 3 yang sudah dirangkum Medcom:
 
Halaman Selanjutnya
  1. Industri ekspor dan…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif