Ilustrasi Jemaah haji Indonesia/MI/Dwi Apriani
Ilustrasi Jemaah haji Indonesia/MI/Dwi Apriani

520 Kursi Kuota Haji Tak Terserap Tahun Ini

Haji haji Haji 2019
Cindy • 08 Agustus 2019 00:41
Mekkah: Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyebut ada 520 kursi kuota haji yang tidak terserap tahun ini. Hal itu masih dalam batas kewajaran bahkan tak mencapai setengah persen dari total seluruh jamaah Indonesia.
 
"Angka 520 itu hanya 0,24 persen dari total 214 ribu jamaah (reguler). Kita jadi dari sisi deviasi sebenarnya masih dalam batas yang tidak sampai setengah persen begitu," kata Lukman dikutip Antara, Mekkah, Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Menurutnya, kuota yang tidak terpakai itu memang tak terhindarkan setiap tahunnya. Lanjut Lukman, angka yang tidak terserap tahun ini lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Padahal tambahan kuota 10 ribu itu sudah menjelang akhir persiapan kita. Mengapa saya katakan tidak terhindarkan karena selalu ada saja menjelang akhir penutupan pendaftaran, menjelang awal keberangkatan itu ada saja dari 214.000 jamaah kita yang membatalkan diri," ucapnya.
 
Lukman menuturkan beberapa faktor pembatalan antara lain sakit, meninggal atau urusan kesibukan. Untuk mencari jemaah baru dinilai sulit karena persiapan visa dan paspor yang memakan waktu.
 
"Karena penyiapan visa dan paspor itu kan masalah waktu yang tidak memungkinkan lagi karena sudah 'closing date' maka ya memang kuota itu tidak bisa digunakan," tutur Lukman.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif