Ilustrasi: Ribuan umat muslim berdoa saat melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah/ANTARA/Hanni Sofia
Ilustrasi: Ribuan umat muslim berdoa saat melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah/ANTARA/Hanni Sofia

Forum Haji Se-Asia Tenggara Dibentuk

Haji Haji 2019
Antara • 27 Agustus 2019 15:46
Jeddah: Pertemuan antarkonsul se-Asia Tenggara yang digelar di Jeddah, Arab Saudi sepakat mendirikan Forum Haji se-ASEAN. Forum bersama itu kelak difungsikan sebagai ruang silaturahmi dan komunikasi antarpenyelenggara haji di masing-masing negara.
 
Konsul Haji Indonesia Endang Djumali mengatakan, dari pertemuan itu pun sudah muncul manfaat penting sebagai wahana untuk saling bertukar informasi dan evaluasi operasional haji.
 
"Informasi dari masing-masing negara ASEAN menjadi penting untuk langkah perbaikan ke depan," kata Endang di Jeddah pada Selasa, 27 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan yang difasilitasi oleh Muassasah Asia Tenggara itu dihadiri konsul haji dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Sri Lanka, dan Thailand.
 
Baca: Masa Tunggu Haji di Malaysia Mencapai 121 Tahun
 
Selain ruang komunikasi, Forum Haji se-ASEAN ini juga difungsikan untuk menyamakan persepsi, khususnya dalam merespons kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Muassasah Asia Tenggara dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi.
 
"Melalui forum ini, diharapkan tidak ada lagi perbedaan layanan kepada jemaah haji, termasuk untuk Indonesia," kata dia.
 
Forum juga direncanakan sebagai poros dari kegiatan yang bersifat edukasi. Seperti seminar, focus group discussion (FGD), serta penelitian bersama tentang penyelenggaraan haji dan umrah.
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif