Ilustrasi: Umat Muslim melakukan tawaf keliling kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah umrah di Masjidil Haram/Antara/Aji Styawan
Ilustrasi: Umat Muslim melakukan tawaf keliling kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah umrah di Masjidil Haram/Antara/Aji Styawan

Masa Tunggu Haji di Malaysia Mencapai 121 Tahun

Haji Haji 2019
Sobih AW Adnan • 22 Agustus 2019 16:08
Makkah: Haji, makin jadi impian masyarakat Malaysia. Pasalnya, bukan saja dimaknai sebagai rukun Islam kelima, tapi juga peluang berangkat cepat yang kian sempit dicapai.
 
Masa tunggu haji di negeri jiran bisa sampai ratusan tahun lamanya.
 
"Rata-rata 121 tahun (Masa tunggu haji di Malaysia)," kata Ketua Rombongan Tabung Haji Malaysia Dato Sri Syed Saleh bin Syed Abdul Rahmad saat berkunjung ke Misi Haji Indonesia di Makkah, sebagaimana dilansir laman Kemenag.go.idpada Rabu, 21 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, kata Dato Sri, jumlah jemaah calon haji yang telah mendaftar melalui lembaga Tabung Haji Malaysia mencapai 2,5 juta orang. Sementara jatah kuota haji Malaysia hanya 30.000 kursi per tahun. Imbasnya, antrean tunggu haji menjadi sangat panjang.
 
"Sebanyak 80 persen dari kesulurahan kuota digunakan untuk haji reguler. Sedangkan 20 persennya diserahkan kepada syarikat swasta untuk paket haji plus," kata dia.
 
Karena masa tunggu ratusan tahun, maka Tabung Haji Malaysia melarang warga yang sudah pernah berhaji untuk mendaftarkan kembali.
 
"Dulu ada masa tunggu 5 tahun dari pendaftaran haji pertama ke kedua, sekarang sudah tak boleh lagi," kata Dato Sri.
 
Dia mengatakan, jemaah haji Malaysia yang berangkat tahun ini sudah mendaftar 12 tahun sebelumnya. Setelah masa itu, pendaftaran haji melonjak hingga menghasilkan masa tunggu ratusan tahun.
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif