KULINER

“Cheese Eat Up!” Paduan Cita Rasa Lokal dan Keju Prancis di Puncak Kampanye Europe Full of Character

Yatin Suleha
Jumat 19 September 2025 / 08:31
Jakarta: Memasuki tahun ketiga sekaligus menjadi penutup dari Kampanye Europe Full of Character, promosi keju Prancis di Indonesia hadir dengan konsep baru bertajuk “Cheese Eat Up!” 

Tahun ini, kampanye tampil lebih berani dengan menunjukkan bagaimana hidangan sehari-hari dan kuliner lokal favorit dapat dikreasikan bersama kekayaan rasa serta warisan keju susu sapi Prancis.

Baca juga: 4 Cara Melunakkan Cream Cheese dengan Cepat

Dalam tradisi kuliner Prancis, keju bukan hanya sekadar bahan pangan, tetapi juga simbol budaya, keterampilan, dan kebanggaan. Lebih dari 3.000 jenis keju dari berbagai daerah di Prancis, masing-masing merepresentasikan keahlian yang diwariskan lintas generasi. 

Dari Brie yang lembut dan buttery, Comté yang memiliki cita rasa nutty, hingga Mimolette dengan warna oranye khasnya, setiap keju menyimpan cerita tentang asal-usul dan karakter unik.

Fokus kampanye tahun ini adalah keju berbahan dasar susu sapi, yang dikenal dan digemari di seluruh dunia berkat keragaman tekstur serta rasanya “Selama tiga tahun, kampanye ini telah menjadi perjalanan kuliner yang penuh makna antara Prancis dan Indonesia,” ujar Émilie Martin, Managing Director CNIEL. 

“Di edisi terakhir ini, kami bangga memperlihatkan bagaimana keju Prancis dapat berpadu dengan hidangan lokal sehari-hari, berkat kreativitas para juru masak, mahasiswa, dan pecinta kuliner di sini.”


(Kampanye Europe Full of Character bertajuk “Cheese Eat Up!” promosi keju Prancis di Indonesia. Foto: Dok. Istimewa)

Selama tiga tahun terakhir, kampanye ini telah mempertemukan chef, importir, distributor, mahasiswa, hingga pecinta kuliner. Selain melatih generasi muda dari sekolah-sekolah kuliner seperti Bali Culinary School dan APCA Jakarta, program ini juga memberi edukasi bagi pelaku industri mengenai keragaman serta potensi keju Prancis. 

Tahun ini menjadi puncak perjalanan tersebut dengan sentuhan baru berupa food truck yang menghadirkan sajian khas street food lokal berpadu keju Prancis. 

Mulai dari gado-gado dengan Comté hingga sate Brie panggang, menu ini memperlihatkan cara baru menikmati jajanan Indonesia dengan karakter keju klasik Prancis.

Cheesemonger kelas dunia sekaligus peraih gelar Meilleur Ouvrier de France, François Robin, kembali memimpin rangkaian pengalaman tahun ini. 

“Keju Prancis memiliki semua kualitas untuk melengkapi hidangan Indonesia. Teksturnya yang lembut menjadi nilai tambah, mudah meleleh, memperkuat aroma, sekaligus menyeimbangkan cita rasa rempah Asia. Keju Prancis menawarkan keseimbangan rasa yang istimewa, diproses seminimal mungkin namun tetap kaya akan keunggulan. Dan yang paling penting keju Prancis itu sungguh lezat!” ujar François Robin.

Untuk mewujudkan perpaduan cita rasa ini, tim membagikan resep orisinal yang mengolah kembali salah satu hidangan paling ikonik Indonesia, Gado-gado, dengan sentuhan Prancis. 

Menggunakan Comté, resep ini menunjukkan betapa mudahnya keju susu sapi menyatu dalam hidangan favorit lokal, menambahkan rasa, kelembutan, serta karakter pada cita rasa yang sudah begitu dikenal masyarakat.

Dengan apik François Robin memadukan gado-gado dengan keju, rasanya masih tetap masuk. Ada lagi sate dengan keju, ternyata rasanya enak banget lho dengan taste krimi. 

Baca juga: Bolehkah Bumil Mengonsumsi Keju?


Dan bagi masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa secara rutin mengonsumsi keju, François Robin berpesan, makanlah sedikit demi sedikit dan mencoba aneka keju. "Tak masalah jika ada keju yang tidak disukai," beber Cheesemonger ini. Hal yang terpenting ungkap François Robin adalah saat kamu mencobanya kamu akan tahu rasanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(TIN)

MOST SEARCH