FITNESS & HEALTH

4 Risiko Berbahaya Jika Kurang Minum Air Putih

Sandra Odilifia
Minggu 18 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Air sangat penting untuk kesehatan, karena sekitar 60 persen dari tubuh manusia adalah cairan. Maka, kamu perlu menjaga tingkat hidrasi untuk mengisi bahan bakar sel dan menjaga fungsi otak serta tubuh.

Meski kamu bisa mendapatkan air baik dari makanan dan minuman itu sendiri, ternyata banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari.

Lalu, apa yang terjadi jika kamu kurang minum? Melansir dari Eatingwell, inilah dampak yang akan dirasakan oleh tubuh.
 

1. Energi rendah


Saat mengalami dehidrasi, kamu mungkin memperhatikan tingkat energi kamu turun, itu karena air membantu menjaga pikiran kamu tetap waspada dan tubuhmu seimbang.

Jika kamu kurang minum di siang hari, mungkin kemerosotan tenaga di sore hari akan semakin parah, dan kamu mungkin merasa terlalu lelah untuk melanjutkan pekerjaan atau berolahraga di malam hari.
 

2. Kabut mental


Otak kamu sangat membutuhkan air karena sekitar 80 persen kandungan otak adalah air, dan minum yang cukup dapat membuat kamu tetap tajam secara mental, bahkan untuk jangka panjang.

Sebuah studi di jurnal Nutrients menemukan bahwa minum air meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan memori dan kantuk. Jika kamu merasa lelah dan kehabisan waktu, minumlah air dan lihat apakah itu membantu.
 

3. Risiko stroke lebih tinggi


Air juga bagus untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah studi di BMC Cardiovascular Disorders, tidak minum cukup air dan dehidrasi dapat meningkatkan risiko stroke dan memperpanjang waktu pemulihan.

Jadi, untuk menjaga jantung dalam kondisi prima, perhatikan seberapa banyak kamu minum air. Lalu, jika kencing kamu berwarna kuning atau kamu merasa lemas, minumlah air terlebih dahulu.
 

4. Murung


Periksalah rutinitas minum kamu, karena dehidrasi dapat membuat kamu mudah tersinggung dan juga rewel. Dua penelitian yang dilakukan di University of Connecticut memelajari pria dan wanita dalam serangkaian tes kognitif, dan mereka melihat bahwa dehidrasi menyebabkan suasana hati yang buruk, mengantuk, dan bahkan sakit kepala.
(TIN)

MOST SEARCH