FITNESS & HEALTH

5 Makanan dan Minuman yang Tingkatkan Sistem Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Selasa 05 Januari 2021 / 07:00
Jakarta: Salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan mengubah pola makan dan mengonsumsi makanan yang terbukti memengaruhi metabolisme secara positif. Dan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan metabolsme, terbukti dapat menurunkan berat badan. 

Apa saja makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh? Berikut ini adalah daftarnya dilansir dari Insider:
 

1. Cabai 


“Sifat cabai yang meningkatkan metabolisme disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicin,” kata Zhaoping Li, MD, PhD, seorang profesor kedokteran di UCLA David Geffen School of Medicine. Capsaicin juga yang menyebabkan cabai memiliki rasa pedas. Sebagai tambahan, cabai juga dapat menekan nafsu makan, yang berguna untuk menurunkan berat badan. 

Sebuah studi kecil tahun 2014 menemukan bahwa mengonsumsi satu dosis capsaicin setiap kali makan menghasilkan rasa kenyang yang lebih besar, atau perasaan kenyang.
 

2. Kopi 


Kopi dan kafein dikaitkan dengan penurunan berat badan dan dapat membantu dalam pemeliharaan penurunan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme dan menurunkan nafsu makan. Li mengatakan kafein meningkatkan dopamin dan noradrenalin, dua neurotransmiter yang dapat meningkatkan metabolisme. 

"Konsumsi kopi dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa efek menguntungkan pada penurunan berat badan dan asupan kalori," kata Roberta Anding, RD, ahli diet terdaftar di Baylor College of Medicine.


teh
(Teh hijau baik untuk kesehatan kamu, tentunya tanpa gula ya. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)?
 

3. Teh 


Jika kamu tidak suka kopi, Li mengatakan alternatif yang bagus adalah teh karena masih memiliki kandungan kafein, meski lebih sedikit kafeinnya daripada kopi. Selain itu, berbagai jenis teh seperti teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme.
 

4. Jahe


Anding mengatakan jahe mengandung senyawa yang disebut shogaols yang telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan penurunan berat badan. 

Li juga menambahkan bahwa asupan jahe telah dilaporkan meningkatkan profil metabolik melalui peningkatan reseptor insulin, peningkatan fungsi sel beta pankreas, dan memodifikasi konsentrasi adipokin. 

Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan merangsang pencernaan, mengurangi peradangan, dan menekan nafsu makan.
 

5. Makanan tinggi protein 


Ia juga bilang bahwa protein meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, menurutnya dibutuhkan lebih banyak energi untuk memetabolisme protein, jadi ada peningkatan laju metabolisme saat kamu mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Ini dikenal sebagai efek termik makanan (TEF), atau termogenesis yang diinduksi makanan (DIT).
(TIN)

MOST SEARCH