FITNESS & HEALTH

Hati-hati, Ini 8 Gejala Demensia yang Tak Disadari

Sri Yanti Nainggolan
Sabtu 18 Desember 2021 / 20:27
Jakarta: Demensia merupakan salah satu penyakit alzheimer atau pikun. Terdapat sejumlah tanda-tanda atau gejala yang mungkin terlihat sederhana harus diperhatikan.

Salah satu gejala demensia yang disepelekan adalah menarik diri dari pergaulan. Misalnya, tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobi yang biasa dinikmat dan tidak terlalu semangat untuk berkumpul dengan teman-teman.

Berikut tanda-tanda demensia lain berdasarkan rilis Yayasan Alzheimer’s Indonesia.

1. Gangguan daya ingat

Gejala awal demensia adalah sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali. Contohnya lupa tempat parkiran di mana. 

Demensia umumnya menyerang lansia. Foto: Freepik
Demensia umumnya menyerang lansia. Foto: Freepik

2. Sulit fokus

Sulit melakukan aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, sulit fokus mengoperasikan handphone. Kemudian, penderita demensia biasanya tidak dapat melakukan perhitungan sederhana dan bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar

Sering kali orang yang mengalami demensia sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, dan sulit mengatur keuangan.

Baca: Demensia Bukan Penyakit! Keluarga Harus Paham Penanganannya

4. Disorientasi

Penderita demensia kerap kali bingung akan waktu, baik hari, tanggal, maupun hari penting. Selain itu, mereka bingung berada di mana dan bagaimana mereka tiba di sana, ataupun tidak tahu jalan pulang kembali ke rumah.
 

5. Kesulitan memahami visuospasial

Gangguan keseharian penderita demensia lainnya adalah sulit untuk membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin saat berjalan. Selain itu, menuang air di dalam gwlas namun tumpah dan tidak tepat menuangkannya.

6. Gangguan berkomunikasi

Selain kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat, penderita demensia sering kali berhenti di tengah percakapan dan bingung melanjutkannya.

Baca: Mitos atau Fakta? Kopi Bisa Turunkan Risiko Demensia

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu mungkin dianggap hal biasa, padahal itu adalah gejala awal demensia. Bahkan, kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan

Berpakaian tidak serasi adalah tanda sederharan dari demensia. Misalnya, memakai kaos kaki kiri berwarna merah sedangkan kaos kaki kanan berwarna biru. Kemudian, tidak dapat memperhitungkan pembayaran dalam bertansaksi dan tidak dapat merawat diri dengan baik.
(SYN)

MOST SEARCH