FITNESS & HEALTH

3 Cara Merefleksikan Diri Menyambut Tahun Baru

A. Firdaus
Rabu 22 Desember 2021 / 19:10
Jakarta: Tak lama lagi tahun 2021 akan berakhir. Tahun yang bagi banyak orang mungkin terasa berat mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum begitu membaik.

Merefleksikan diri terhadap apa yang terjadi di masa lalu, menjadi salah satu cara untuk menjadi yang lebih baik di tahun depan. Dan, melansir aplikasi Muslim Pro yang bekerja sama dengan Ustadz Syam Elmarussy, mengajakmu untuk merefleksikan apa yang terjadi pada 2021 demi mempersiapkan diri sebelum memasuki pada 2022.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk menyambut tahun 2022 yang lebih baik:
 

1. Refleksi pangkal motivasi


Berkaca dan merefleksikan diri itu jauh lebih penting ketimbang membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Soalnya, dengan refleksi diri, kamu dapat meningkatkan kesadaran diri serta mengetahui kelebihan dan kelemahan yang kita miliki.

Refleksi diri sejatinya merupakan hal yang rutin dilakukan oleh junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW. Dengan rutin refleksi diri, Nabi Muhammad SAW memiliki motivasi yang tinggi untuk memperjuangkan Islam dan umat-umatnya kala itu.

Dari situ, bisa dilihat bahwa refleksi diri memiliki peran yang begitu besar untuk menumbuhkan motivasi. Hanya melalui refleksi diri kamu bisa mengembangkan diri dan mengubah kelemahan menjadi kekuatan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan refleksi diri. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan pribadi seperti: Apa penyesalan dan ketakutan terbesar yang terjadi dan dirasakan di 2021? dan Bagaimana cara untuk melepaskan penyesalan tersebut?”. Lewat pertanyaan-pertanyaan itu, kamu dapat mengetahui apa saja yang menahanmu untuk menjadi lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa memilih metode lain seperti bermeditasi atau berolahraga. Aktivitas seperti itu dapat membantu untuk berefleksi. Pada akhirnya, kamu bisa mendapatkan motivasi untuk menyongsong 2022.
 

2. Cari solusi mengatasi kesulitan


Seseorang yang baik bukanlah seseorang yang tak memiliki masalah, tetapi adalah ia yang mampu menangani masalah. Nah, Ustadz Syam menekankan bahwa kemampuan memecahkan masalah datang dari keinginan untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri.

Besar kemungkinan banyak orang merasa tahun 2021 adalah tahun yang penuh masalah. Pandemi belum sepenuhnya berakhir dan membuat hidupmu terasa sulit. Namun, kesulitan dan masalah itu bisa menjadi kesempatan bagimu untuk belajar dan berefleksi. Dari situ, kamu akan terlatih untuk bisa menemukan solusi dengan lebih baik.

Tentu saja, kamu memiliki cara tersendiri dalam memecahkan masalah. Namun, ada beberapa tips dari Ustadz Syam yang bisa kamu lakukan.

Yang pertama adalah dengan mencoba untuk tetap positif dan mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Dengan selalu positif, pikiran akan tetap jernih ketika masalah menerpa.

Kedua, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada Allah SWT. Perlu diingat bahwa Allah SWT itu Maha Pemberi dan Penyayang, dan oleh karena itu Ia tak akan pernah menolak permintaan hambaNya.
 

3. Menjadi muslim yang lebih baik


Manusia dikatakan sebagai makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan Allah. Namun, manusia tak ada yang sempurna. Maka dari itu, pada satu titik, kamu perlu berhenti sebentar, melihat apa yang sudah dilakukan, dan merenungi apa yang telah terjadi.

Hanya dengan melakukan hal-hal itulah, kamu bisa meningkatkan iman, ibadah, dan ketakwaanmu untuk menjadi Muslim yang lebih baik. Meski demikian, menurut Ustadz Syam, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menjadi Muslim yang lebih baik di 2022 mendatang. Salah satunya membaca Al-Quran.
(FIR)

MOST SEARCH