FITNESS & HEALTH

Walau 15-30 Menit, Rasakan Manfaat Tidur Siangmu!

Mia Vale
Selasa 09 November 2021 / 08:00
Jakarta: Tidur siang. Rasanya, beberapa dari kita tidak akan menolak bila bisa menikmatinya. Ih, kayak anak kecil, saja! Memang secara teknis, orang dewasa tidak perlu tidur siang. Tapi justru, tidur siang merupakan alat yang digunakan tubuh untuk mempertahanakn jumlah energi dan tidur yang sehat. 

Untuk orang dewasa, tidur siang yang sehat – atau dikenal sebagai “power nap” – harus berdurasi relatif singkat. Ini karena tidur yang unik, khususnya dalam hal siklus tidur. 

Bagi sebagian kecil orang, tidur siang yang sedikit lebih pendek (berkisar 10 menit) atau sedikit lebih lama (berkisar 40 menit) bekerja paling baik. Tapi kebanyakan orang berada dalam kisaran 15-30 menit.
 

Manfaat tidur siang bagi orang dewasa


Menurut penjelasan yang dikutip dari Sleep.org, ada sejumlah teori berbeda tentang tidur siang di dunia ilmu tidur. Namun begitu, penelitian menunjukkan, tidur siang menawarkan manfaat positif untuk yang menjalaninya. Seperti:

- ?Suasana hati yang membaik 
- Fokus yang dipertajam 
- Peningkatan kemampuan kognitif, seperti ingatan ingatan jangka pendek 
- Mengurangi kelesuan dan kelelahan 
- Peningkatan kinerja atletik pada orang yang aktif secara fisik
- Tekanan darah diturunkan


manfaat tidur siang
(Tidur siang yang cukup baik, namun tidak berlebihan ya. Tidur siang yang berlebihan atau tidak sehat dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih besar. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 


Tidur siang terjadwal juga dapat diresepkan oleh dokter sebagai bagian dari rejimen pengobatan untuk kondisi seperti kelelahan kronis, serta kelelahan yang dialami sebagai gejala penyakit yang mendasarinya, seperti kanker tertentu dan gangguan autoimun. 

Selain itu, tidur siang yang terjadwal dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan suasana hati dan kinerja dalam pekerjaan shift di luar jam kerja yang mengganggu tidur pada umumnya, seperti untuk dokter atau perawat yang sedang bertugas, atau pengemudi truk jarak jauh. 

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa tidur siang terjadwal dapat meningkatkan hasil bagi orang-orang dengan gangguan tidur, khususnya insomnia dan hipersomnia, dan bagi orang-orang yang hanya ingin mendapatkan tidur malam yang lebih baik. 
 

Tidur siang yang tidak sehat


Tidur siang yang berlebihan atau tidak sehat dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih besar dan bahkan gangguan tidur, yang memiliki konsekuensi kesehatannya sendiri. 

Ini termasuk potensi hasil kesehatan negatif jangka pendek dan jangka panjang, seperti peningkatan risiko masalah kardiovaskular, masalah somatik, masalah kesehatan mental, dan masalah dengan kognisi. 

Ini juga dapat menyebabkan peningkatan risiko mengembangkan atau memperburuk beberapa jenis kanker, diabetes, dan sejumlah penyakit dan kondisi lainnya. Masalah-masalah ini dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan dan kualitas hidup mereka.
(TIN)

MOST SEARCH