FITNESS & HEALTH

Apakah Minum Vitamin Saja Cukup untuk Menghalau Covid-19?

Yatin Suleha
Minggu 15 November 2020 / 17:21
Jakarta: Pandemi covid-19 terjadi di banyak negara. Menurut data dari Worldmeters.info/coronavirus, virus korona telah ada di 219 negara sampai pada November 2020 ini.

Lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Sambil menunggu adanya vaksin, kita wajib menjaga kesehatan diri serta keluarga. 

Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga karena hal ini memiliki peran yang sangat penting, terutama pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Menurut Dr Steven Tucker, ahli onkologi di Amerika sekaligus direktur medis Tucker Medical cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan tidur yang cukup.

"Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kamu akan menurunkan adrenalin dan hormon stres. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat,” katanya.

Lalu selain menjaga kekebalan tubuh apakah minum vitamin juga cukup untuk menghindari kita dari covid-19? 

Menurut Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK, spesialis mikrobiologi klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia mengatakan tidak ada anjuran untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak untuk mencegah covid-19.


cuci tangan
(Mencuci tangan cara mudahm, murah, dan sederhana untuk menjauhkan kamu dari berbagai penyakit dan covid-19. Foto: Pexelsl.com)


Ia menjelaskan bahwa untuk melakukan pencegahan covid-19 bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur. 

“Mengonsumsi empat sehat lima sempurna, tentunya sudah banyak kita ketahui ya dan bisa dilihat dari mana-mana. Kemudian dengan melakukan olahraga secara teratur, dan jangan stres karena daya tahan tunuh kita bisa dipengaruhi oleh gaya hidup kita,” ujar dr. Budiman.

Selain itu perlu untuk melakukan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Mencuci tangan menggunakan sabun lebih ampuh dalam membersihkan tangan dari paparan bakteri dan virus. 

Cucilah tangan setiap hari, karena mencari sabun dengan air mengalir tidaklah terlalu sulit. Gunakan hand sanitizer jika tidak menemukan sabun dan air mengalir. Tetap cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beberapa kali menggunakan hand sanitizer.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH