End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Penderita Diabetes? Simak 7 Makanan yang Bisa Turunkan Gula Darah Kamu

Medcom
Senin 23 Januari 2023 / 07:11
Jakarta: Penderita diabetes kerap kali kesulitan untuk memilih makanan yang cocok untuk mereka konsumsi. Mengonsumsi makanan penurun gula darah menjadi salah satu cara bagi mereka untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Diabetes sendiri merupakan penyakit di mana kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah cukup, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif atau resistensi insulin.

Jika seseorang sudah terkena diabetes, untuk makan pun akan sulit sebab harus mulai menjaga dan mengontrol makanan yang masuk ke dalam perut kita. Namun, tidak perlu khawatir tidak bisa makan enak! 

Mengutip dari laman Alodokter dan Halodoc, kamu bisa mengosumsi 7 makanan di bawah ini yang bisa turunkan gula darah kamu, antara lain:
 

1. Tomat


Buah tomat mengandung anthocyanin dan likopen yang tergolong sebagai antioksidan. Zat yang terkandung dalam tomat ini bahkan dikatakan memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

Suatu penelitian terhadap hewan di laboratorium juga menunjukkan bahwa likopen yang banyak terdapat dalam buah dan sayur, seperti tomat, dapat memperbaiki kinerja insulin, sehingga kadar gula darah dapat menurun.
 

2. Roti Gandum


Kebanyakan roti mengandung karbohidrat yang dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Nah, roti gandum adalah salah satu jenis roti yang memiliki indeks glikemik dan karbohidrat lebih rendah dibandingkan roti lainnya. Ini karena, kandungan serat di dalamnya mampu memperlambat pencernaan dan membantu menstabilkan kadar gula darah.
 

3. Makanan berprotein tinggi


Salah satu jenis makanan penurun gula darah yang efektif adalah makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan. Telur dan ikan juga mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga stabilnya kadar gula darah.
 

4. Buah-buahan


Sebagian besar buah-buahan indeks glikemik rendah yaitu kurang dari 55. Buah-buahan mengandung banyak air dan serat yang dapat menyeimbangkan gula alami (fruktosa). Buah yang bisa kamu konsumsi contohnya adalah alpukat dan ceri. Agar mendapatkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi buah secara utuh, bukan diolah menjadi jus. 
 

5. Kacang-kacangan


Kacang sangat kaya serat makanan dan memiliki skor glikemik di bawah 55. Kacang juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium. Pilihlah kacang-kacangan utuh yang belum banyak diolah untuk mendapatkan manfaat kesehatan, salah satunya mengontrol gula darah.
 

6. Sayuran berdaun hijau


Sayuran hijau diketahui tidak mengandung pati, di mana sayuran berpati memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan indeks glikemik tinggi.

Selain memiliki indeks glikemik rendah, sayuran hijau juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin melimpah yang dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. Kedua kondisi tersebut termasuk komplikasi diabetes yang cukup sering dialami.
 

7. Jagung


Jagung diketahui memiliki indeks glikemik rendah sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan penurun gula darah secara alami. Oleh karena itu, jagung dapat dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi bagi penderita diabetes.

Jagung mengandung serat dan pati (sejenis karbohidrat kompleks) yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal tersebut membuat kadar gula darah dalam tubuh tidak naik dengan cepat dibandingkan jika mengonsumsi jenis karbohidrat lainnya.


Aulia Putriningtias
(YDH)

MOST SEARCH