FITNESS & HEALTH

Begini Cara Ampuh Cuci Pakaian Pasien Covid-19

Cindy
Minggu 04 Juli 2021 / 16:34
Jakarta: Pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) berpotensi menularkan virus ke orang lain. Salah satunya lewat barang sehari-hari termasuk pakaian.

Melansir dari Medical News Today, mencuci dan disinfeksi adalah proses yang berbeda. Mencuci merupakan proses yang melibatkan menghilangkan noda, kotoran, dan kuman dari permukaan. 

Mencuci memang bisa menurunkan risiko penyebaran infeksi, namun tidak membunuh mereka. Sementara, disinfeksi menggunakan bahan kimia dapat membunuh virus dan bakteri. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, virus korona dapat menyebar melalui kontak tidak langsung dan langsung dengan droplet. Tindakan pencegahannya seperti menjaga jarak fisik, karantina, dan isolasi mandiri. 

Baca: Berbahaya! Varian Delta Terdeteksi di 98 Negara

Meski begitu, tetesan droplet bisa jatuh pada benda dan permukaan lainnya. Virus korona dapat bertahan di permukaan logam, kaca, dan plastik selama 9 hari. 

Studi lain melaporkan, virus tetap menular selama 3-7 hari pad apermukaan kaca, baja tahan karat, plastik. Serta kurang dari dua hari pada kayu dan lain.

Temuan lainnya menunjukkan covid-19 sangat sensitif terhadap panas. Setelah benda atau permukaan itu berada dalam suhu 70 derajat celcius, virus menjadi tidak aktif selama 5 menit.  

Disinfeksi permukaan dengan 0,1 persen natrium hipoklorit (pemutih), 0,5 persen hidrogen peroksida, atau etanol 62 - 71 persen secara efektif menonaktifkan sebagian besar virus korona sehingga tidak menular. 

Barang-barang yang digunakan pasien covid-19 perlu melalui disinfeksi demi mencegah potensi menularkan ke orang lain. Berikut cara mencuci pakaian pasien covid-19 yang melakukan isoman.

1. Cuci pakaian dengan sabun cuci atau deterjen rumah tangga. Rendam pakaian dalam larutan pemutih jika tidak merusak pakaian tersebut.
2. Pilih pengaturan air terhangat yang tersedia, WHO merekomendasikan suhu air antara 60-90 derajat celcius. Namun, suhu tinggi dapat merusak atau mengecilkan pakaian yang halus, jadi ingat untuk membaca label pakaian. 
3. Keringkan pakaian sepenuhnya.
4. Disinfeksi keranjang cucian dengan 0,1 natrium hipokrorit atau semprot dengan disinfektan. 
5. Kenakan sarung tangan saat mencuci pakaian.
6. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun segera setelah melepas sarung tangan.
7. Jika sarung tangan tidak tersedia, segera cuci tangan setelah memegang pakaian dan hindari menyentuh area wajah. 

Baca: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Berkurang 433 
(SUR)

MOST SEARCH