FITNESS & HEALTH

5 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Raka Lestari
Sabtu 05 Maret 2022 / 12:32
Jakarta: Siklus menstruasi biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Jika siklus menstruasi yang biasanya berlangsung selama satu minggu atau bahkan lebih, lalu tiba-tiba berkurang menjadi hanya beberapa hari, mungkin saja ada sesuatu hal serius yang menjadi penyebabnya.

"Panjangnya periode menstruasi tergantung pada faktor hormonal," kata Lakeisha Richardson, seorang M.D. dan ob-gyn yang berbasis di Greenville, Michigan.

Segala sesuatu mulai, dari pengobatan hingga kondisi kesehatan dapat mempengaruhi siklus menstruasimu. Beberapa dari penyebab itu sama sekali tidak berbahaya, tapi akan lebih baik jika mengetahuinya di awal.

Berikut ini adalah alasan paling umum yang bisa membuat siklus menstruasimu berkurang, dikutip dari womenshealthmag.com:
 

1.  Sedang mengonsumsi jenis obat tertentu


"Obat-obatan tertentu bisa memengaruhi lama siklus menstruasi karena bahan kimia di dalamnya. NSAID [seperti Advil, Naprosyn, ibuprofen, dll], antidepresan, obat tiroid, dan steroid dapat mempersingkat siklus menstruasi seorang wanita," kata Alyssa Dweck, M.D, seorang ahli obstetri dan ginekologi.
 

2. Mengalami sindrom ovarium poliklistik (PCOS)


PCOS adalah kondisi di mana wanita memproduksi lebih banyak hormon ketimbang pria. Kondisi ini juga dapat menekan ovulasi.

"Wanita yang mengalami PCOS akan memiliki siklus yang tidak teratur. Mereka mungkin juga mengalami saat-saat dimana tidak mengalami menstruasi sama sekali karena kadar hormon mereka yang tidak seimbang," jelas Richardson.
 

3. Memiliki luka pada rahim


Luka pada rahim dapat menyebabkan siklus menstruasi akan menjadi lebih pendek. Kondisi ini dikenal sebagai Asherman Syndrome. Kondisi langka ini terjadi saat wanita yang telah menjalani prosedur dilatasi dan kuretase.

"Prosedur ini sering digunakan untuk mengosongkan rahim setelah keguguran, sebagai metode aborsi, dan untuk mengobati kondisi ginekologi tertentu," kata Richardson.
 

4. Mengalami kelainan kelenjar tiroid


"Kelenjar tiroid diatur pada bagian otak hipofisis hipotalamus, bagian yang sama yang juga mengatur ovulasi dan menstruasi. Bila salah satu aspek terganggu, mungkin juga akan berpengaruh pada aspek lainnya," kata Dweck.
 

5. Mengalami perimenopause


"Seiring bertambahnya usia, siklus menstruasi akan semakin pendek terutama jika mendekati masa menopause," kata Richardson.

Perimenopause adalah waktu di mana sebelum menopause, ketika tubuh akan mengalami perubahan secara hormonal. Biasanya dimulai pada usia empat puluhan, tapi bisa juga dimulai sejak usia tiga puluhan.
(FIR)

MOST SEARCH