FITNESS & HEALTH

Merasa Cemas karena Pindah Tempat Kerja? Begini 5 Menenangkan Diri

Aulia Putriningtias
Rabu 07 Agustus 2024 / 18:52
Jakarta: Peralihan ke tempat kerja baru membawa banyak tantangan sehari-hari. Bekerja di sekitar rekan kerja baru, bos baru, dan banyak lagi bisa jadi menakutkan. Tak jarang kita merasakan cemas saat mengalami hal ini.

Pindah ke pekerjaan baru berarti memulai perjalanan baru yang mendebarkan sekaligus menegangkan. Hal ini berarti mendapatkan tempat kerja baru, kolega baru, atasan baru, dan hampir memulai segala sesuatunya dari awal.

Kecemasan sering kali datang karena ketakutan pikiran kita akan hal-hal yang belum terjadi. Ketakutan tersebut seperti tidak bisa mengerjakan dengan baik, tidak mendapatkan rekan kerja yang baik, dan lainnya. Sebenarnya, kamu harus lebih tenang untuk merelaksasikan pikiran terlebih dahulu.

Jaisleen Kaur, seorang konsultan dan pelatih soft skill dalam Healthshots pun membagikan lima cara untuk tidak terlalu cemas ketika berpindah ke lingkungan baru. Adapun caranya, antara lain:
 

1. Kelola pikiran lebih positif



(Berpikir positif tidak hanya dapat memengaruhi kemampuan untuk mengatasi stres dan kekebalan tubuh, tetapi juga berdampak pada kesejahteraan secara keseluruhan. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)

Apa yang kamu pikirkan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap emosi diri kamu. Gantikan self-talk negatif dengan afirmasi positif. Jangan pernah melupakan keahlian, pencapaian, dan nilai yang kamu berikan.

Gunakan “mindset berkembang”, di mana pandanglah tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, bukan sebagai sumber kecemasan. Menumbuhkan dialog batin yang positif akan memperkuat kepercayaan diri kamu!
 

2. Mengatur rencana


Kembangkan rencana terstruktur untuk transisi ke pekerjaan baru. Uraikan rutinitas, tugas, dan tujuan harian kamu. Sehingga, untuk melakukan aktivitas tidaklah membingungkan kembali.

Ingat, bahwa rencana yang dijalankan harus diselesaikan. Ketika sudah selesai, kamu akan merasakan sudah sukses mencapai tujuan kecil yang kamu telah rencanakan. Hebat, bukan?
 

3. Percaya diri


Saat kamu memasuki tempat kerja baru, biarkan bahasa tubuh kamu berbicara banyak. Sapa orang lain dengan senyuman tulus yang memancarkan kehangatan dan kemudahan didekati.

Berjalanlah dengan percaya diri dan tekad, pertahankan postur tegak. Ekspresi wajah, gerak tubuh, dan sikap kamu secara keseluruhan membentuk dasar kesan pertama kamu. Jadi, berikan itu kesan yang berharga, ya!
 

4. Bangun koneksi


Ambil inisiatif untuk memperkenalkan diri kamu kepada rekan kerja, menghadiri rapat tim, dan terlibat dalam percakapan. Membangun koneksi tidak hanya mengurangi isolasi, loh!

Ternyata, membangun koneksi juga menciptakan lingkungan yang mendukung. Ini berarti artinya adalah kamu dapat mencari bimbingan dan belajar dari pengalaman orang lain.
 

5. Rayakan kemenangan kecil


Rayakan dan akui semua pencapaian kamu, betapapun sepelenya hal itu. Menyelesaikan tugas, memecahkan masalah, dan berhasil berintegrasi ke dalam tim semuanya layak mendapat pengakuan!

Kemenangan kecil ini terakumulasi, memperkuat kepercayaan diri kamu dan mengingatkan kamu akan kemampuan. Hal ini pun berhubungan dengan berkembangnya dalam peran baru kamu.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri menjadi tenang dan tidak cemas ketika di tempat kerja baru. Sobat Medcom, tenang saja! Kamu akan terbiasa perlahan-lahan di tempat kerja baru dan semoga tidak lagi cemas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(TIN)

MOST SEARCH