FAMILY

7 Manfaat Self-care untuk Anak-anak

Kumara Anggita
Senin 23 November 2020 / 12:34
Jakarta: Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres atau marah. Apalagi pada masa pandemi ini, di mana sudah lebih dari delapan bulan mereka harus belajar dari rumah.

Atas dasar itu, penting buat orang tua untuk mengajarkan anak-anak self-care. Self-care penting dilakukan karena terkait dengan kesehatan mental dan tumbuh kembang mereka.

Menurut Rininta Meyftanoria,M.Psi, Psikolog selaku Psikolog Klinis Anak, self-care dapat membantu mereka mengatasi stres, kekhawatiran, dan membantu mengendalikan kemarahan. Rininta juga menjelaskan manfaat self-care yang perlu orang tua ketahui antara lain:
 

1. Mengenal kebutuhan fisik


Saat self-care dilakukan, anak-anak bisa belajar untuk mengenal kebutuhan fisik dan emosional mereka. Selain itu anak-anak juga bisa memulai merawat kebutuhan-kebutuhan itu.
 

2. Ketangguhan diri


Self-care bisa membantu anak-anak untuk membangun resiliensi atau ketangguhan diri. Terbangunnya ketangguhan diri bisa berguna ketika anak-anak menghadapi masalah.
 

3. Keseimbangan hidup


Anak-anak akan mengenal tentang keseimbangan hidup yang diperlukan jika mereka diberi edukasi tentang self-care. Sehingga mereka bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 

4. Fondasi diri


Dapat mempraktekkan self-care di usia muda juga bisa membentuk fondasi diri kuat. Sehingga akan bermanfaat ketika mereka dewasa.
 

5. Kebiasaan sehat

Memperkenalkan self-care sejak dini dapat membentuk kebiasaan sehat, yang akan bermanfaat bagi diri mereka di masa depan.
 

6. Inisiatif


Anak-anak menjadi bisa berinisiatif, lebih mandiri, dan memahami bagaimana cara merawat diri mereka sendiri.
 

7. Menjaga diri


Self-care membantu anak-anak untuk menjaga diri mereka tetap sehat. Baik secara mental, fisik, maupun emosional.
(FIR)

MOST SEARCH