Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

Bhineka Tunggal Ika di Pasar Rakyat

Angga Bratadharma • 26 Desember 2020 14:04

Sukses di tokopedia, di 2016, Al Kahfi Store mulai membuka toko online keduanya di Bukalapak. Tidak hanya itu, pada Juli 2016, Nasir memutuskan menambah toko di Shopee, dan aktif di Forum jual Beli (FJB) seperti OLX. Guna memacu penjualan dan memperlebar pangsa pasar, pada Agustus 2016, Al Kahfi Store resmi mengumumkan domain resmi mereka.
 
Berdasarkan pengalamannya, setidaknya ada tiga alasan dasar untuk pelaku UMKM mengintegrasikan bisnisnya ke dunia digital. Hal itu menjadi penting agar keberagaman pasar rakyat turut meramaikan pasar di Indonesia. Tentu harapannya guna mewujudkan cita-cita menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
 
Tiga alasan yang dimaksudkan yakni pertama, biaya operasional lebih rendah dengan digital membuat pelaku UMKM menekan beberapa biaya operasional. Kedua, biaya pemasaran fleksibel dan murah. Pelaku UMKM dapat melakukan promosi iklan kapan saja sesuai kebutuhan, menentukan jangka waktu promosi, dan melakukan perubahan selama promosi digital berlangsung.

Ketiga, memulai bisnis lebih cepat dan minim risiko. Dengan media online, pelaku UMKM bisa memulai bisnis secara sederhana untuk melihat respons pasar dengan risiko yang lebih rendah. Selanjutnya, pelaku UMKM bisa tumbuh sesuai dengan kemampuan. "Media sosial membantu bisnis. Dengan media sosial, Anda bisa mulai memasarkan barang atau jasa Anda," ucapnya.
 
Lebih lanjut, Sonny P Lubis juga tidak mau kalah memperkaya ragam pasar rakyat di Indonesia. Berbeda dengan ketiga orang sebelumnya, Sonny mendirikan bisnis yang bergerak di bidang minuman secara khusus kopi dengan nama dagang Tanagodang Coffee.
 
Meski bisnis yang digeluti berbentuk fisik yakni berupa bangunan kedai kopi, namun tak menyurutkan semangat Sonny untuk memperluas pemasaran produk atau kedai kopinya. Bahkan, Sonny P Lubis selaku Founder Tanagodang Coffee mengaku sudah mendapatkan buah manis menjajakan bisnisnya melalui digital.
 
Kedai kopinya banyak diulas oleh pengunjung kedai di beberapa platform, baik media sosial maupun media berbasis kuliner. "Pertama lihat di instagram langsung suka sama exterior Tanagodang. Tanagodang artinya besar atau luas dalam bahasa batak menurut baristanya," kata Darsehsri Handayani, salah satu yang mengulas Tanagodang, dikutip dari laman pergikuliner.
 
Dari pengalamannya, Sonny berbagi tips kepada mereka yang hendak menjalankan bisnis dan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk dan jasanya. Tipsnya yakni bagaimana mengikuti perkembangan pasar. Jika lebih rinci yaitu apa yang sedang hangat diperbincangkan.
 
"Apa yang sedang dicari masyarakat, dan apakah sudah ditinjau secara berkala. Lalu mengetahui keinginan konsumen, apakah ada yang sedang dibutuhkan dan pelajari kompetitor sebagai perbandingan. Bisnis digital itu tidak bisa tidak semuanya memang mengarah ke revolusi industri. Hampir setiap orang sudah mengenal yang namanya digital," ucapnya.
 
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan UMKM selama ini menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi sebanyak 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.
 
 
Read All


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan