Lokasi bangunan saat FIFA didirikan di Prancis. (Foto: Dok. FIFA)
Lokasi bangunan saat FIFA didirikan di Prancis. (Foto: Dok. FIFA)

Pada Hari Ini

1904: FIFA Didirikan

Bola pada hari ini
Alfa Mandalika • 21 Mei 2018 10:28
Jakarta: Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) hari ini merayakan ulang tahun ke-114. Federasi FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 di Prancis.
 
Pertandingan sepak bola internasional diketahui sudah terjadi sejak 1872 saat Inggris bersua Skotlandia. Memang, sepak bola saat itu hanya populer di kalangan negara-negara Britania Raya, yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.
 
Akan tetapi, perlahan sepak bola mulai populer secara global. Hal ini mendorong dibutuhkannya suatu federasi khusus untuk menaungi sepak bola.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Oleh karena itu, pada 21 Mei 1904 dibentuklah FIFA, organisasi khusus yang mengurus sepak bola dunia. FIFA merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association. Bahasa Prancis dipilih karena FIFA didirikan di kota Paris, Prancis.
 
Saat itu, anggota awal yang turut hadir dalam pembentukan FIFA ialah Prancis, Denmark, Belgia, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Kini, anggota FIFA sudah lebih dari 200 tim nasional dari enam konfederasi yang berbeda.

Baca: Hasil Lengkap Liga Top Eropa Hari Ini


FIFA memutuskan bermarkas di Zurich, Swiss. Presiden pertama FIFA adalah Robert Guerin. Namun, pada 1906, Daniel Burley Woolfall menggantikan Guerin. Ajang pertama kali diorganisir FIFA terjadi pada Olimpiade 1908.
 
Keberadaan FIFA sempat terancam lantaran adanya Perang Dunia 1 pada 1910-an. Namun, FIFA mampu bertahan. Bahkan, Piala Dunia pertama pada 1930 mampu digelar FIFA.
 
Sementara itu, Indonesia bergabung dengan FIFA pada 1952. Sepanjang sejarah menjadi anggota FIFA, Indonesia (PSSI) sempat dibekukan oleh FIFA pada 2015. Keputusan itu dikeluarkan lantaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dianggap melakukan intervensi kepada PSSI.
 
Namun, setahun berselang, Presiden FIFA Gianni Infantino memastikan organisasinya mencabut pembukan kepada Indonesia. Kepastian itu dia sampaikan dalam kongres FIFA di Mexico City 13 Mei 2016.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami@medcom_olahraga
 
Video: Timnas U-19 Jalani Latihan Perdana
 

(ASM)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif