Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Raja Thailand Panggil Ulama Islam Berdoa Tolak Bala Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 07 Januari 2021 08:51
Beredar kabar Raja Thailand Vajiralongkorn mengundang ulama Islam untuk membaca doa menolak bala covid-19. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Adi Muhammad turut membagikan kabar itu dengan mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit 26 detik pada 4 Desember 2021. Pada video itu, tampak Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida ikut menengadahkan tangan saat seorang ulama berdoa.
 
Pada acara itu juga terlihat banyak orang-orang turut hadir. Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahan videonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Raja Thailand Panggil Ulama Islam baca Doa Tolak Bala Covid 19"


Benarkah Raja Thailand Vajiralongkorn mengundang ulama Islam untuk membaca doa menolak bala covid-19? Berikut cek faktanya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Raja Thailand Panggil Ulama Islam Berdoa Tolak Bala Covid-19? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Raja Thailand Vajiralongkorn mengundang ulama Islam untuk membaca doa menolak bala covid-19 adalah salah. Faktanya, video yang beredar tersebut adalah video lama yang tidak ada kaitannya dengan pandemi covid-19.
 
Dilansir Turnbackhoax.id, video tersebut merupakan potongan video ketika Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida dalam acara penghargaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Thailand Selatan dan Nasional ke-14 di Masjid Pusat, Provinsi Pattani.
 
Video tersebut merupakan potongan video milik kanal Youtube Thaitv2 yang diunggah 18 Desember 2020. Judul video itu menggunakan aksara Thailand yang bermakana "Siaran langsung Raja - Yang Mulia Ratu Putri Maha Chakri Sirindhorn."
 

[Cek Fakta] Raja Thailand Panggil Ulama Islam Berdoa Tolak Bala Covid-19? Ini Faktanya

 

Dilansir dari isoc.go.th, pada hari Jumat, 18 Desember 2020, Raja dan Ratu Thailand akan melanjutkan tugas kerajaan di Provinsi Pattani yaitu memimpin pemberian penghargaan untuk pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Thailand Selatan dan Nasional ke-14 2020 di Masjid Pusat , Provinsi Pattani.
 
Selain itu, Raja Vajiralongkorn juga memberikan penghargaan untuk komite provinsi islam dan para imam di wilayah selatan dan memberikan penghargaan kepada perwakilan sekolah seperti administrator sekolah, guru, dan siswa Madrasah Thailand Selatan di Auditorium Organisasi Administrasi Provinsi Pattani.
 
Raja Vajiralongkorn diketahui sering membuka acara-acara keagamaan umat Islam, seperti musabaqah tilawatil (MTQ) Alquran atau lomba membaca Alquran, serta peresmian sekolah-sekolah Islam. Saat acara-acara keagamaan yang digelar minoritas Muslim Thailand, Raja Vajiralongkorn juga menunjukkan penghormatannya dengan cara yang lain. Misalnya ketika berdoa, dia ikut membantu.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Raja Thailand Vajiralongkorn mengundang ulama Islam untuk membaca doa menolak bala covid-19 adalah salah. Faktanya, video yang beredar adalah video lama yang tidak ada kaitannya dengan pandemi covid-19.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Raja Thailand Panggil Ulama Islam Berdoa Tolak Bala Covid-19? Ini Faktanya
 

 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=q6njIg7TwtM&feature=youtu.be
https://turnbackhoax.id/2021/01/05/salah-raja-thailand-panggil-ulama-islam-baca-doa-tolak-bala-covid-19/
https://archive.md/j9B6n
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif