Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi percakapan
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi percakapan

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah PLN Bagikan Subsidi Listrik Rp5 Juta Melalui Link Ini? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files PLN Subsidi Listrik hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 06 Mei 2022 08:13
Beredar tautan linkdiklaim berasal dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendapatkan subsidi listrik rumah tangga sebesar Rp5 juta. Link ini beredar melalui WhatsApp, baru-baru ini.
 
Pada link yang beredar jika diklik memuat halaman cara mendapatkan subsidi listrik yakni dengan mengisi survei dan memberikan identitas diri. Berikut narasi yang beredar:
 
"Selamat!
PLN Subsidi Listrik Pemerintah!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Melalui kuisioner, Anda berkesempatan mendapatkan 5000000 Rupiah."
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Benarkah PLN Bagikan Subsidi Listrik Rp5 Juta Melalui <i>Link</i> Ini? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada link yang beredar bahwa PLN memberikan subsidi listrik sebesar Rp5 juta adalah salah. Faktanya, informasi ini sudah dibantah pihak PLN.
 
Tim Cek Fakta Medcom.id sudah mengulas klaim serupa pada 14 April 2021. Saat itu, PLN dikabarkan memberikan subsidi Listrik 450 VA dan 900 VA untuk rumah tangga melalui sebuah link. Namun faktanya, link yang beredar merupakan modus pencurian data.
 
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Diah Ayu Permatasari meneagskan, link dengan narasi bahwa PLN bagikan subsidi listrik sebesar lima juta adalah hoaks. Dia mengatakan, link yang beredar bukan merupakan broadcast resmi dari PT PLN (Persero).
 
Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan. Semua informasi resmi PLN dapat diperoleh melalui saluran komunikasi resmi perseroan.
 
"Seluruh informasi terkait subsidi listrik dan promo PLN dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile," kata Diyah saat dikonfirmasi.
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada link yang beredar bahwa PLN memberikan subsidi listrik sebesar Rp5 juta adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah PLN Bagikan Subsidi Listrik Rp5 Juta Melalui <i>Link</i> Ini? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
-https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/3NOqDL0k-cek-fakta-link-survei-pln-untuk-klaim-subsidi-listrik-450-va-dan-900-va-ini-faktanya
-https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4952949/cek-fakta-tidak-benar-pln-bagikan-subsidi-listrik-sebesar-rp-5-juta-lewat-tautan-ini
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif