NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial Facebook

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Viral Video Pengemasan Masker Baru Dinjak-injak dan tak Higienis? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 21 Februari 2020 17:34
Beredar sebuah video yang memperlihatkan pengemasan masker dengan cara yang tidak higienis. Pada video tersebut, tumpukkan masker tergeletak di lantai begitu saja, sembari beberapa karyawan wanita yang mayoritas ibu-ibu duduk diantara masker yang akan dikemas. Beberapa dari mereka, juga terlihat menginjak tumpukkan masker.
 
Video berdurasi selama 1 menit 23 detik itu direkam oleh seseorang pria. Pria itu juga terdengar berbicara ketika video sedang berlangsung. Pria itu mengatakan, peristiwa dalam video tersebut adalah proses pengepakan masker bermerk Solida. Berikut secara lengkap transkrip perkataanya:
 
Hari Rabu tanggal 19 Febbruari 2020
Waktu menunjukkan jam 12 lewat 30 menit ya bu
Ini untuk orderan Ibu Mariana ya
Melalui mediator dengan Bapak Yanto di Jakarta ya
Ini posisi di gudang di pakbriknya
Ini karyawan-karyawan yang sedang mensotir atau memasukkan masker tiga ply dengan merek solida ya
Ini barangnya tiga ply bu, saya ambil satu
Mereknya solida, ini barangnya asli
Ini tiga ply ya, bukan dua ply ya bu
Jadi kalau misalnya ibu mau booking atau mau order dipersilahkan melalui mediator dengan Bapak Yanto di Jakarta
Hari ini saya jelaskan lagi, pada hari ini pada tanggal 19 Februari 2020 waktu menunjukkan jam 12 lewat 30
Jadi bukan barang gaib ya bu, barang barang nyata ya bu
Bu sekarang hari Rabu ya bu tanggal 19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Video tersebut beredar melalui pesan berantai WhatsApp dan media sosial. Akun Twitter@MRFOLKTIVE juga mengunggah video yang samapada Kamis, 20 Februari 2020. Terlihat unggahan video tersebut telah ditonton sebanyak 561 ribu kali oleh warganet. Unggahan ini juga telah di-retweet sebanyak 13 ribu kali dan mendapatkan 13 ribu like.
[Cek Fakta] Viral Video Pengemasan Masker Baru Dinjak-injak dan tak Higienis? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri oleh tim Cek Fakta Medcom.id, klaim pada video bahwa pengemasan masker bermerek Solida dengan cara yang tidak higienis adalah salah. Pihak Solida telah memberikan klarifikasi.
 
Kami telah menghubungi Yosephine Anita selaku Humas Produsen Solida terkait video viral tersebut.Yosephine mengatakan, proses produksi masker Solida oleh pabrik di Bantul, Yogyakarta ini, telah memiliki sertifikasi Produksi Alat Kesehatan, CPAKB, memiliki NIE-AKD dari Kemenkes RI dan telah melakukan ekspor selama bertahun-tahun.
 
Berikut secara lengkap klarifikasi dari pihak Solida:
 
"Bersama ini kami menyatakan bahwa video viral produksi masker rumahan yang tidak berstandar, namun potongan masker SOLIDA yang diexpose di media sosial tersebut, adalah bukan produksi resmi masker SOLIDA.
 
Kami sangat menyayangkan video tersebut dibuat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, karena produksi masker SOLIDA oleh pabrik di Bantul, Yogyakarta ini telah meliliki Sertifikasi Produksi Alat Kesehatan, CPAKB, memiliki NIE-AKD dari Kemenkes RI dan telah melakukan ekspor selama bertahun-tahun. Maka tidak mungkin masker SOLIDA diproduksi seperti yang terlihat pada video tersebut.
 
Oleh karena itu, SOLIDA telah melakukan klarifikasi melalui story Instagram akun @solida.proteksi dengan menunjukkan kondisi pabrik SOLIDA yang sebenarnya saat proses produksi.
 
Maka kami mengharapkan agar video viral tersebut tidak disebarluaskan agar tidak merugikan brand kami, dan tidak membuat panik masyarakat.
 
Terima kasih,
SOLIDA
".
 

Kesimpulan :
Klaim pada video bahwa pengemasan masker bermerek Solida dengan cara yang tidak higienis adalah salah. Pihak Solida telah memberikan klarifikasi.Faktanya, produksi masker Solida dilakukan di pabrik yang berstandar dan tanpa sentuhan tangan manusia.
 

Referensi :
Wawancara khusus
 

Sumber :
Pesan berantai WhatsApp
https://twitter.com/MRFOLKTIVE/status/1230424475524460546
 


 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif