Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Video Seorang Ayah Aniaya Anaknya dengan Balok Kayu, Begini Faktanya Sebenarnya

Medcom Files kpai India penganiayaan anak Kekerasan Anak Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 08 Januari 2022 13:04
Beredar sebuah video yang memperlihatkan penganiayaan terhadap seorang anak. Video itu beredar melalui pesan berantai dan media sosial.
 
Pada video terlihat seorang pria dewasa memukul anak laki-laki dengan balok kayu. Anak kecil dalam video itu menjerit kesakitan dan berulang kali berteriak "Papa".
 
Pula, di dalam video terdapat narasi ajakan untuk memviralkan video agar pelaku segera ditangkap polisi. Diduga peristiwa dalam video terjadi di Indonesia.

"viralkan Biar Di Tangkap" narasi pada video yang beredar?


Benarkah peristiwa dalam video yang beredar terjadi di Indonesia? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Viral Video Seorang Ayah Aniaya Anaknya dengan Balok Kayu, Begini Faktanya Sebenarnya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan penganiayaan terhadap seorang anak terjadi di Indonesia adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video yang beredar terjadi di India.
 
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjelaskan penganiayaan dalam video yang beredar tidak terjadi di Indonesia. KPAI menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menelusuri lokasi dalam video.

"Seminggu ini, viral di media sosial video kekerasan. Banyak masyarakat bertanya ke KPAI untuk mendapatkan penjelasan di mana titik lokasi kejadian yang sebenarnya," kata Ketua KPAI Susanto kepada wartawan seperti dilansir Detik.com


Dari hasil penelusuran, Susanto mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi di Charitnaka, India. Pelaku kekerasan sudah ditangkap.
 
"Hasil telaah dan pendalaman Badan Siber, kejadian dalam video tersebut bukan di Indonesia tetapi di India (Charitnaka). Tersangka adalah Ashok Ghante, korban masih usia anak. Saat ini kasusnya sudah ditangani kepolisian setempat," ungkap Susanto.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan penganiayaan terhadap seorang anak terjadi di Indonesia adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video yang beredar terjadi di India.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Viral Video Seorang Ayah Aniaya Anaknya dengan Balok Kayu, Begini Faktanya Sebenarnya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5842083/viral-video-ayah-pukuli-anak-pakai-balok-kayu-begini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif