Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Ade Armando
Wanda Indana • 19 April 2022 20:12
Beredar video yang judulnya menarasikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjenguk pegiat media sosial Ade Armandoyang menjalani perawatan di Rumah Sakit akibat menjadi korban pengeroyokan pada demo 11 April 2022. Video itu beredar di YouTube dan disebar ke sejumlah platform media sosial.
 
Kanal YouTubeHALUAN POLITIKmembagikan video itu pada 16 April 2022. Pada gambarthumbnailmemperlihatkan Jokowi menjabat tangan Ade Armando yang terbaring di kasur rumah sakit disertai narasi sebagai berikut:

"KABAR BARU…!!!
GEGERKAN PUBLIK
INI KEJUTANN JOKOWI DAN MA’RUF JENGUK ADE ARMANDO"


Berikut narasi pada judul video:
 

"GEGERKAN PUBLIK ~ JOKOWI MA'RUF AMIN SAMBANGI LANGSUNG ADE ARMANDO..!!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah narasi pada video tersebut? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menjenguk Ade Armando di Rumah Sakit adalah salah. Faktanya, judul tidak sesuai isi video dan gambar thumbnail hasil suntingan.
 
Melaluireverse image, ditemukan foto yang sama dimuat Detik.com pada artikel-foto berjudul "Foto: Bersalaman, Ini Momen Jokowi-JK Jenguk SBY di RSPAD". Artikel itu dimuat padaKamis, 19 Jul 2018.
 
Foto tersebutsebenarnya memperlihatkan Jokowi dan Jusuf Kalla yang menjenguk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2018.Foto tersebut digabungkan dengan foto Ade Armando. Foto Jusuf Kalla juga disunting dengan foto Ma’ruf Amin.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando? Cek Dulu Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menjenguk Ade Armando di Rumah Sakit adalah salah. Faktanya, judul tidak sesuai isi video dan gambar thumbnail hasil suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
-https://news.detik.com/foto-news/d-4122697/foto-bersalaman-ini-momen-jokowi-jk-jenguk-sby-di-rspad/2
-https://turnbackhoax.id/2022/04/19/salah-foto-jokowi-dan-maruf-amin-menjenguk-ade-armando/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif